Suasana pasar Minasauppa kabupaten Gowa jelang ramadan yang tinggal sebulan kurang ini

Sebulan Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Gowa Masih Stabil

Jumat, 12 April 2019 | 11:07 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Kurang dari satu bulan, harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah / 2019 Masehi di Pasar Induk Minasa Maupa Sungguminsa Kabupaten Gowa masih relatif normal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pasar Induk Minasamaupa Gowa, Zainuddin Langke mengatakan selain harga yang masih stabil, ketersediaan atau stok kebutuhan pokok dipastikan akan aman hinga Lebaran nanti.

pt-vale-indonesia

“Dari hasil pantauan kami jelang Ramadhan harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Induk khusus jenis sayur dan buah itu tidak ada perubahan mencolok dari beberapa hari yang lalu, harga masih tetap tidak ada kenaikan, malah ada yang harganya turun,” ujarnya.

Dijelaskannya lagi bahwa salah satu penyebab harga stabil adalah karena stok yang melimpah dan kurangnya pengiriman jenis sayur dan buah ke derah luar sulawesi.

“Salah satu penyebabnya harga stabil itu karena pengiriman kebutuhan pokok jenis sayur dan buah itu hampir tidak ada dalam satu bulan terakhir ini. Biasanya itu setiap hari ada pengiriman ke luar Sulawesi yang dikirim ke Ambon, NTT, NTB, bahkan ke Kalimantan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang pedagang di Pasar Minasa Maupa, Daeng Lima. Ia juga menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada kenaikan harga sembako. Dan ia berharap tidak ada kenaikan.

“Sejuah ini belum ada kenaikan ataupun perubahan harga. Dan semoga tidak ada kenaikan harga sembako. Karena saya juga terkadang membeli sembako,” ujarnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Dan peridustrian (Perdastri) Kabupaten Gowa, Muhammad Rais juga membenarkan bahwa harga dan ketersediaan bahan pokok khususnya sembako aman dan terkendali.

“Sampai saat ini aman dan terkendali, belum ada kenaikan harga sembako yamg siknifikan menghadapi bulan puasa. Tentunya ini akan terus kita pantau keadaan di lapangan hingga lebaran nanti agar kita dapat pastikan ketersedian barang dan harga yang stabil di setiap pasar yang ada di gowa,” katanya.(*)


BACA JUGA