FOTO: Suasana dialog publik tentang persiapan Pemkot Makassar Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, di Iconik Cafe, Jl. Amanagappa Makassar/Kamis, 8 Agustus 2019/Dila Bahar/GOSULSEL.COM

Pemkot Makassar Larang Penggunaan Kantong Plastik Saat Pembagian Daging Kurban

Jumat, 09 Agustus 2019 | 14:14 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Jelang Idul Adha 2019, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) Makassar, Andi Herliyani mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai pada saat pembagian daging kurban.

Hal ini diungkapkan dalam acara dialog publik tentang persiapan Pemkot Makassar Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H. Kegiatan ini bertempat di Iconik Cafe, Jl. Amanagappa Makassar. Kamis (8/8/2019).

muhammad-ismak

“Kami mengimbau agar tidak menggunakan wadah plastik. Melainkan menggunakan wadah yang bisa berulang,” jelasnya.

Menurutnya, selain terjadi pencemaran lingkungan, kantong plastik, utamanya yang berwarna mengandung zat berbahan kimia yang dapat terkontaminasi dengan daging hewan kurban.



“Karena ini juga terkait dengan pencemaran lingkungan. Mungkin ada trik trik yang bisa digunakan untuk menghindari itu,” kata dia.

Pihaknya juga telah menurunkan tim dari fakultas kedokteran unhas dan universitas bosowa untuk memeriksa hewan kurban di 15 kecamatan di Kota Makassar.

“Mereka mobile setiap hari dari H-11 untuk memeriksa hewan kurban. Kami akan turun sampai H-1 Idul Adha, dan kemungkinan besar sampai sore kami melakukan pemeriksaan,” tambahnya. (*)

BACA JUGA