Camat Somba Opu, Indra Wahyudi Yusuf, saat Sosialisasi WCD 2019 bersama dengan Komunitas Peduli Gowa di Aula Kantor Camat Somba Opu, Jumat (13/9/2019)

Camat Somba Opu Siap Dukung WCD 2019

Jumat, 13 September 2019 | 23:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kecamatan Somba Opu siap mendukung pelaksanaan World Cleanup Day (WCD) 2019 di Kecamatan Somba Opu yang akan digelar pada 21 September mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Camat Somba Opu, Indra Wahyudi Yusuf dalam sambutannya saat Sosialisasi WCD 2019 bersama dengan Komunitas Peduli Gowa di Aula Kantor Camat Somba Opu, Jumat (13/9/2019).

muhammad-ismak

“Olehnya itu kita selalu mensupport hal – hal yang bisa dilakukan yang berkaitan dengan pengendalian masalah sampah tersebut,” ujar Indra Wahyudi Yusuf.

Indra Wahyudi Yusuf menyebutkan bahwa salah satu masalah terbesar yang ada di
Kecamatan Somba Opu adalah masalah sampah. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena pola pikir masyarakat yang masih apatis terhadap permasalahan sampah.



“Persoalan sampah yang ada di kecamatan kita ini tidak terlepas dari pola pikir masyarakat. Banyak masyarakat menganggap bahwa persoalan yang ada adalah urusan pemerintah. Perlu ditahu bahwa semua tidak akan berjalan dengan lancar tanpa dukungan kita semua,” ujarnya.

Olehnya itu, ia berharap melalui momen tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan persoalan sampah tersebut. Ia juga meminta agar seluruh lurah, lingkungan RT/RW untuk mensosialisasikan kegiatan WCD kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Ketua Komunitas Peduli Gowa, Muhammad Hidayatullah mengatakan bahwa WCD pada tanggal 21 September nanti akan digelar serentak di 18 kecamatan di Kabupaten Gowa.

Ia juga menyebutkan ada beberapa rangkaian kegiatan pada peringatan WCD 2019 Peduli Gowa menargetkan pembuatan 1.000 bank sampah unit, 1.000 biopori 1.000 penampungan limbah minyak jelantah, 1.000 titik lokasi cleanup tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

“Puncaknya pada 21 September namun sebelum itu kita akan turun langsung ke lapangan mensosialisasikan dulu di 18 kecamatan agar target pembentukan 1.000 bank sampah, biopori, penampungan limbah bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Muhammad Hidayatullah juga berharap peringatan WCD 2019 ini dimanfaatkan untuk persiapan penilai Adipura yang akan digelar bulan ini. Ia sangat optimis tahun ini Kabupaten Gowa raih piala Adipura.(*)

BACA JUGA