FOTO: Warga Gowa diberi masker untuk mengantisipasi dampak asap kebakaran TPA Antang/Senin, 16 September 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Tercemar Asap Kebakaran TPA Antang, Warga Gowa Diberi Masker

Senin, 16 September 2019 | 12:59 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Tamangapa Antang Kecamatan Manggala siang kemarin juga berdampak kepada Kabupaten Gowa, khususnya Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu yang berbatasan langsung dengan lokasi kebakaran.

Hal tersebut diungkapkan oleh Camat Somba Opu, Indra Wahyudi Yusuf, saat dikonfirmasi, Senin (16/9/2019).

“Iya, sangat terasa di sekitar Samata, makanya PKM Samata membagikan masker bagi masyarakat yang mengunjungi PKM,” kata Indra Wahyudi Yusuf.

Selain itu, dari pantauan GOSULSEL.COM kabut asap juga terlihat sampai di Ibukota Kabupaten Gowa, Sungguminasa Kecamatan Somba Opu.

Sementara itu untuk mengantisipasi dampak asap dari Kebakaran TPA Antang tersebut. Puskesmas Samata membagikan sejumlah masker kepada sejumlah pasien yang berkunjung.

“Iye, semua pasien dan keluarganya yang berkunjung di puskesmas dibagikan masker, dan sementara masih membagikan bagi pengunjung yang baru datag jadi belum tau jumlahnya. Kami upayakan semua penungjung dapat masker,” ujar Kepala Puskesmas Samata, dr. Hj. Arni Sultan.

Selain membagikan masker, pihak Puskesmas Samata juga mengadakan penyuluhan kepada pengunjung di puskesmas dan posyandu terkait dengan penyakit yang bisa timbul akibat dampak asap tersebut.

“Sejauh ini penyakit yang muncul akibat  dampak  asap dari kebakaran tersebu belum nampak signifikan. Cuma kita harus mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang bisa timbul akibat tersebut seperti Infeksi saluran pencernaan flu dan lain lain,” tambahnya.(*)


BACA JUGA