Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb dan Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat menggelar Konferensi Pers terkait perkembangan Corona di Kantor Dinkes Makassar, Senin (23/03/2020).

Kasus Terbaru Corona di Makassar, 110 Orang Telah dalam Pengamatan

Senin, 23 Maret 2020 | 20:15 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 110 orang telah diketahui masuk dalam pengamatan terkait virus Corona atau Covid-19. Ini merujuk pada data terbaru Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Senin (23/02/2020).

Menurut Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menjelaskan bahwa saat ini pihaknya masih terus berupaya memantau mereka yang memiliki gejala yang mengarah ke Corona. Hingga kini, ada 110 yang telah dipantau.

Sejatinya jumlah orang yang dalam pemantauan ini meningkat. Sebab, pada 20 Maret lalu, berjumlah 68 orang. Hanya empat hari berselang, jumlahnya pun bertambah 43 orang.

“Ini meningkat, sampai hari ini ada 110 jumlah pengamatan,” katanya saat menggelar Konferensi Persi di Kantor Dinkes Makassar, Senin (23/03/2020).



Selanjutnya, dalam data tersebut, sebanyak 18 orang yang masuk dalam status Orang dalam Pemantauan (ODP). Sementara itu, ada 27 yang berstatus Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Informasi terbaru, satu pasien PDP telah dinyatakan meninggal. Untuk positif corona sendiri, hingga kini masih ada dua kasus
Namun yang masih diisolasi kini ialah pasien bernomor 286 dan pasien 285 dinyatakan meninggal.

“Yang meninggal kita masih data satu meninggal positif dan satu meninggal dalam PDP,” tambahnya.

Lanjut, ia mengaku jika proses pemeriksaan ini lamban lantaran hasil spesimen yang mesti dikirim ke Litbangkes RI. Sehingga, ini beresiko besar bagi Corona bisa menyebar ke masyarakat.

“Inilah yang bahayanya kalau keterlambatan pemeriksaan, makin lambat kita tahu, makin bahaya, kalau diluar mereka ketemu orang banyak,” jelasnya. (*)


BACA JUGA