Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H Muh Basli Ali (tengah)

Utamakan Pencegahan Penyebaran Corona, Bupati Selayar Tutup Akses Jalur Laut

Minggu, 29 Maret 2020 | 22:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

SELAYAR, GOSULSEL.COM — Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H Muh Basli Ali, mengeluarkan kebijakan menutup sementara akses keluar dan masuk warga di Kabupaten Kepulauan Selayar di dua pelabuhan besar yang selama ini menjadi akses dan pintu transportasi laut di wilayahnya, yakni Pelabuhan Pammatata dan Pattumbukang.

Penutupan tersebut akan berlaku mulai senin besok 30 maret hingga 6 april 2020 dan menyesuaikan situasi serta kondiri terkait penyebaran virus Covid-19.

pt-vale-indonesia

“Kebijakan tersebut tentu akan berimbas bagi perputaran roda pekonomi yang akan menurun, karena melalui jalur lautlah selama ini perekenomian masyarakat terputar. Namun kesehatan masyarakat yang paling utama dan tidak kalah pentingnya,” ujar mantan pimpinan DPRD selayar tersebut.

Basli Ali juga memastikan ketersediaan pangan dan kebutuhan sehari-hari selama penutupan jalur laut tersebut dan menyiapkan opsi jalur udara jika terjadi hal yang urgent atau sifatnya genting dan darurat, semisal jika ada pasien yang harus dirujuk ke Makassar.

“Untuk jalur udara sendiri, basli telah berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan untuk mengurangi rute penerbangan dari dan ke selayar, serta memperketat pemeriksaan suhu badan bagi para penumpang,” pungkasnya.

Pemerintah setempat juga meminta kerjasama warganya untuk menjaga kesehatan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting serta menjaga jarak (sosial distancing) demi kepentingan bersama.

Di Kabupaten Kepulauan Selayar sendiri saat ini belum ada yang dinyatakan positif virus Corona, namun telah ada yang dinyatakan PDP dan ODP yang telah diidentifikasi dan ditangani oleh pihak rumah sakit setempat.(*)


BACA JUGA