RSKD Dadi Makassar/int

RSKD Dadi jadi Tempat Cek Awal Pasien Corona

Rabu, 08 April 2020 | 13:12 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi menjadi tempat pengecekan awal bagi masyarakat yang mengalami gejala Corona atau Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Rabu (08/04/2020).

Karena itu, rumah sakit ini akan dikosongkan dari pasien umum dalam eberapa hari ke depan. RSKD Dadi akan menjadi satu dari tiga rumah sakit utama penanganan Covid di Makassar. Dua lainnya, ialah RS Sayang Rakyat dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo.

pt-vale-indonesia

Nurdin Abdullah mengatakan, screening awal untuk masyarakat nantinya dilakukan di rumah sakit ini. Ini dilakukan agar tidak ada lagi alasan penolakan pasien yang dilakukan oleh rumah sakit.

Adapun peranan masing-masing rumah sakit ini, RS Sayang Rakyat dan RS Dadi dengan kapasitas ada 318 tempat tidur, itu untuk merawat positif Covid-19 dengan kategori ringan. Sedangkan, bagi pasien yang memiliki penyakit bawaan, kemudian akan dirujuk ke RSUP Wahidin.

“Saya kira nanti, tidak akan ada lagi penolakan pasien. Karena kita sudah atur lewat gugus tugas, itu juga jika ada masalah kesehatan di rumah bisa lewat call center dijemput, dan dilihat apa masalahnya. Kalau ringan, kalau bukan di Dadi, ya RS Sayang Rakyat. Tetapi kalau ada komplikasi ya Rumah Sakit Wahidin,” jelasnya.

Sementara itu, Hubungan Masyarakat (Humas) RSKD Dadi, Yunus Paraya, mengatakan, RSKD Dadi difokuskan secara khusus menjadi rumah sakit khusus penanganan Covid-19. Untuk pasien umum saat ini, kata dia, mulai dikosongkan. Namun, pasien yang memiliki gangguan jiwa tetap ditangani di RSKD Dadi namun ditempatkan di gedung terpisah.

“Rencananya seperti itu. Tetapi ada ruangan dan gedung tersendirinya. Ini sambil ditunggu penyembuhannya. Gedung untuk pasien jiwa terpisah dari gedung isolasi yang digunakan,” katanya. (*)


BACA JUGA