#

Jelang Ramadan, Kacamatayya Squad Kerja Bakti Bersihkan Pemakaman Umum

Kamis, 23 April 2020 | 22:15 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Komunitas Kacamatayya Squad menggelar kerja bakti membersihkan kuburan umum. Kegiatan ini dilakukan sehari jelang memasuki bulan Ramadan di pemakaman umum Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Kamis (23/4/2020).

Ziarah dan membersihkan kuburan di Bulan Sya’ban atau jelang Bulan Ramadan sudah menjadi tradisi ummat muslim di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Bulukumba.

Atas alasan itu sehingga Kacamatayya Squad melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan pemakaman umum ini. Alasan lain adalah setelah salah satu relawan Kacamatayya Squad melinta di lokasi tersebut dan melihat rumput dan tumbuhan kecil yang rimbu.

“Jelang bulan Ramadan ini kita manfaatkan ziarah kubur sekaligus membersihkan pemakaman umum. Kebetulan ada Sahabat di Kacamatayya Squad yang lihat kemarin, dan bicara-bicara kalau pemakaman di Caile penuh rumput. Apa salahnya kita berinisiatif untuk sama-sama membersihkan,” kata salah satu relawan Kacamatayya Squad, Saefulla Masda.



Lebih jauh, Ipung sapaan akrabnya berharap agar bulan Ramadan tahun ini tetap berjalan dengan khidmat dan ibadah yang khusyuk. Dia mengaja agar Pendemi Covid-19 tidak mengurangi kualitas untuk tetap menjalankan ibadah.

“Marhaban ya Ramadan. Tahun ini ada pendemi Corona yang menguji kita, tapi Insya Allah, tidak akan menguatkan kita untuk terus beribadah,” harapnya.

Sementara itu, Relawan Kacamatayya Squad lainnya, Hidayat Anwar menuturkan, kegiatan ini atas inisiatif Kacamatayya Squad yang hanya direncanakan sehari sebelumnya.

“Alhamdulillah, tadi kami bersama sahabat Kacamatayya Squad membersihkan Pemakaman Umum Caile. Tradisi ini yang kita jaga, dan memanfaatkan waktu jelang Ramadan,” singkatnya.(*)


BACA JUGA