Kadinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di DPRD Makassar beberapa waktu yang lalu.

130 Pasien ODP Corona di Makassar Jalani Karantina di Hotel

Senin, 04 Mei 2020 | 23:23 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 130 Orang dalam Pemantauan (ODP) telah menjalani karatina di Hotel Swiss-Belhotel, Senin (04/05/2020). Artinya, ada penambahan sebanyak 27 ODP.

Sebelumnya, pada Minggu (03/05/2020), jumlah pasien ODP yang menjalani isolasi ialah 103 orang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin.

Mereka yang dikarantina ini merupakan orang yang telah menjalani rapid test. Jika hasilnya reaktif positif maka mereka akan dibawa ke Hotel.

“Jadi sampai saat ini dari data kami sebelumnya 107, hari ini 130 dari masyarakat Makassar, yang masuk baik yang masuk dari ODP maupun kontak OTG kontak serumah yang positif Rapid yang masuk,” katanya.



Meski begitu, tidak semua ODP harus jalani karantina di hotel. Sebab, ada persyaratan khusus. Seperti rumah mereka yang dihuni banyak orang. Hal itu tidak memungkinkan untuk isolasi diri. Sehingga, ODP bersangkutan harus isolasi di hotel.

Ada sebagian masyarakat Makassar yang ingin memaksa melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun petugas akan memeriksa sejumlah syarat untuk isolasi.

“Punya kamar sendiri, punya kamar mandi dia tidak punya kamar mandi pasti keluar lagi akhirnya dia kontak lagi dengan org lain yang negatif,” ungkapnya.

Perkembangan kasus Covid-19 yang kian meningkat akibat transimisi lokal yang terjadi dalam rumah. Lantas, pihaknya mengimbau agar wajib isolasi secara mandiri.

“Banyak sekali terjadi sehingga salah satu paling penting isolasi, memisahkan orang yang positif dan negatif termasuk dalam rumah, itu yang kita khawatir kan,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA