Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin akan menghelat Pentas Seni (Pensi) Virtual.

Unhas Gelar Pentas Seni Virtual di Tengah Pandemi

Senin, 11 Mei 2020 | 05:58 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin akan menghelat Pentas Seni (Pensi) Virtual. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dengan tujuan mewadahi minat dan bakat mahasiswa Unhas.

Namun, tahun ini sedikit berbeda. Mengingat adanya pandemi Corona atau Covid-19, maka kegiatan tersebut digelar secara virtual.

Ketua Panitia, Burhan Kadir menjelaskan bahwa Pensi kali ini tetap diselenggarakan oleh kemahasiswaan Unhas. Penyaluran bakat melalui lomba merupakan alternatif pilihan kegiatan positif yang bisa dimanfaatkan mahasiswa selama berada di rumah.

“Di tengah pandemi ini harus banyak kegiatan positif dan santai agar imun tubuh mahasiswa kuat, tidak stres juga. Jadi bidang kemahasiswaan kemudian memvirtualkan lomba agar mahasiswa tetap semangat mengolah potensinya serta menyalurkan minat dan bakat mereka,” jelas, Sabtu (09/05/2020).



Dalam kegiatan ini, Bidang Kemahasiswaan membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa aktif untuk mengikuti Pensi dengan empat kategori lomba. Diantaranya, baca puisi, menyanyi solo, Tiktok Challenge, dan Instagram Challenge.

“Target kami ada 30 peserta tiap lomba. Tapi kemungkinan besar akan membludak, karena kami buka secara umum mahasiswa Unhas dan tidak ada pembatasan kuota peserta tiap fakultasnya,” sambung Burhan.

Lebih lanjut, Burhan menambahkan penilaian perlombaan dilihat dari jumlah like terbanyak yang disinergikan dengan hasil penilaian tim juri. Akan tetapi, tetap ada beberapa kategori lomba yang pemenangnya ditentukan murni oleh respon audiens terbanyak seperti Tiktok Challenge.

“Peserta akan merekam/memvideokan dirinya, lalu upload ke google drive mereka. Saat mengisi form pendaftaran, mereka bagikan link Google drive tersebut agar panitia bisa mengakses video,” lanjutnya.

Dalam persiapan lomba, seluruh panitia penyelenggara melakukan koordinasi via group chat dan aplikasi konferensi video. Namun, panitia penyelenggara optimis kegiatan ini akan berlangsung sesuai dengan apa yang diharapkan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unhas, A. Arsunan Arsin, menambahkan Pensi Virtual Mahasiswa Unhas 2020 menjadi ajang untuk mengasah kreativitas dan memacu prestasi mahasiswa di bidang seni. Suasana darurat Covid-19 diharapkan tidak menjadi penghalang untuk maksud tersebut.

“Semoga kegiatan Pensi ini dapat menjadi sarana untuk adik-adik mahasiswa berprestasi dan tentunya juga untuk memaknai diri untuk tetap berkegiatan. Situasi pandemi Covid-19 ini harus disikapi dengan inovasi dan kearifan, kita tidak perlu larut dalam ketakutan dan kekhawatiran,” jelas Prof Arsunan.

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas akan berupaya untuk menghadirkan kegiatan positif. Guna mendukung lembaga mahasiswa atau unit kegiatan mahasiswa agar tetap aktif melaksanakan kegiatan kemahasiswaan meskipun secara virtual.

“Ada beberapa lomba mahasiswa tingkat nasional yang akan dilaksanakan secara virtual. Sementara itu, sudah ada dua kegiatan lomba nasional secara virtul yang telah berlangsung sukses, yang diselenggarakan oleh Himpunan Misekta Pertanian, dan BEM FKM,” sambung Prof Arsunan.

Bagi mahasiswa yang berminat mengikuti perlombaan bisa melakukan pendaftaran dan melihat informasi terkait lomba di website kemahasiswaan.unhas.ac.id maupun media sosial bidang kemahasiswaan lainnya. Adapun tahap dan jadwal kegiatan ini, diantaranya:

– Pendaftaran Lomba : 11-17 Mei 2020
– Peserta Upload video : 11-23 Mei 2020
– Seleksi Video Tahap I : 23-27 Mei 2020
– Penjurian : 1-5 Juni 2020
– Pengumuman Pemenang : 6 Juni 2020. (*)


BACA JUGA