Ketua PMI Gowa Abd Rauf Mallagani saat meninjau penyemprotan disinfektan di Masjid Syekh Yusuf

Jelang Dibuka, Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa Siap Terapkan Protokol Kesehatan

Sabtu, 06 Juni 2020 | 20:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Sandi Darmawan - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan mulai menormalkan sejumlah aktivitas. Salah satunya aktivitas salat berjamaah di masjid khususnya di Masjid Agung Syekh Yusuf.

Hanya saja untuk waktunya belum ditetapkan. Namun sejumlah persiapan telah dilakukan sebelum dibuka untuk digunakan salat berjamaah.

“Untuk digunakan kita tinggal menunggu petunjuk atau rekomendasi dari Bapak Bupati,” ujar Kepala Bidang Pembinaan Sosial Spiritual Dinsos Gowa, Najamuddin,  (6/6/2020).

Sementara itu, sejumlah persiapan sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa jelang pembukaan kembali masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Gowa ini seperti pemasangan tanda untuk mengatur jarak antara jemaah.



“Kami sudah pasangi lantai masjid dengan stiker untuk mengatur jarak jemaah. Kita atur jarak 120 sentimeter,” jelasnya.

Selain mengatur jarak, beberapa protokol kesehatan jaga akan diterapkan oleh pengurus Masjid Agung Syekh Yusuf. Seperti jamaah wajib pakai masker, wudhu atau cuci tangan sebelum masuk ke masjid, pengukuran suhu.

“Kami juga meminta untuk membawa perlengkapan shalat sendiri. Bagi jamaah yang ada gejala sakit atau batuk atau influenza sebaiknya shalat di rumah saja dan tentunya menaati aturan shaf,” harapnya.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, Najamuddin juga menyarankan agar seluruh masjid di Kabupaten Gowa yang jumlahnya kurang lebih 1.300 untuk mengikuti protokol kesehatan.

“Kita berharap pandemi Covid-19 ini cepat berakhir dan kita bisa beraktivitas seperti biasa. Salah satunya salat berjamaah di masjid,” tandasnya.(*)


BACA JUGA