Tim PkM Dosen FIKOM UMI melakukan sosialisasi penerapan Aplikasi Ruang Informasi Pendeteksi Dini Corona Virus Disease (Covid-19), di Puskesmas Samata, Gowa pekan lalu

Kembangkan Aplikasi Deteksi Dini Covid-19, Dosen FIKOM UMI Mulai Sosialiasi

Senin, 09 November 2020 | 20:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dosen Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengembangkan satu aplikasi sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai wujud dari aplikasi ini, tim PkM Dosen FIKOM UMI yang terdiri Ketua Tim St.Hajrah Mansyur dan Lutfi Budi Ilmawan mulai melakukan sosialisasi penerapan Aplikasi Ruang Informasi Pendeteksi Dini Corona Virus Disease (Covid-19), di Puskesmas Samata, Gowa pekan lalu.

St Hajrah Mansyur menjelaskan bahwa saat ini penyebaran Covid-19 masih cukup masif dikalangan masyarakat umum, inilah yang mendorong tim PkM UMI, mengembangkan Aplikasi/Software informasi ini.

“Aplikasi ini untuk mendeteksi dini
apakah¬† masyarakat berpotensi positif Covid-19, sesuai dengan gejala yang diinputkan pada aplikasi,” kata Hajrah.



Dengan aplikasi ini, ia berharap masyarakat dapat selalu mengontrol kondisi tubuhnya apakah positif atau negative berdasarkan parameter input keadaan tubuh masing-masing orang.

“Tujuan kami dari pengadian ini adalah mengembangkan aplikasi yang dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap informasi terkait Covid-19, sehingga masyarakat diharapkan dapat berperan aktif memahami kondisi tubuhnya. Dan dapat lebih dini mengunjungi fasiltas-fasilitas Kesehatan jika dirasa memang positif atau berpotensi positif sehingga penanganannya oleh fasiltas Kesehatan lebih dini,” jelas Hajrah.

Hajrah menyatakan dengan aplikasi ini  diharapkan dapat sesegera mungkin memutus rantai penularan di masyarakat.

Selain itu, Hajrah menyatakan
Tim PkM UMI mengucapkkan terimakasih kepada Mitra Puskesmas Samata, Gowa dan perwakilan masyarakat yang telah hadir dalam sosialisasi tersebut. Terutama kepada Yayasan Wakaf UMI dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) UMI, yang telah senantiasa mendukung kegiatan PkM Dosen dalam Lingkup Universitas Muslim Indonesia.(*)


BACA JUGA