Pertalite paling banyak digemari oleh masyarakat Makassar/Ist

BBM Ramah Lingkungan, Pertalite Paling Banyak Diminati Masyakarat Makassar

Selasa, 08 Juni 2021 | 11:34 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pasca lebih dari 2 bulan diberlakukannya Program Langit Biru (PLB) di Makassar, respon positif masyarakat kini terlihat dari tren peningkatan konsumsi BBM Ramah Lingkungan. Tercatat, dalam dua bulan terakhir konsumsi BBM Ramah Lingkungan (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) di Makassar telah berada pada proporsi 88,1% dari total BBM jenis Gasoline (bensin) yang dikonsumsi oleh pengguna kendaraan di Makassar.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan proporsi Premium yang menurun dengan persentase hanya 11,9%, yang sebelumnya mendominasi dengan proporsi sekitar 70%.

pt-vale-indonesia

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan konsumsi BBM Ramah Lingkungan tertinggi saat ini yang dikonsumsi oleh masyarakat Makassar adalah BBM Jenis Pertalite RON 90. Yakni dengan angka proporsi 80,6% dibandingkan total BBM jenis Gasoline yang dikonsumsi masyarakat.

“Penerimaan masyarakat terhadap PLB sangat luar biasa, dengan melihat tren konsumsi saat ini kami melihat kesadaran akan pentingnya penggunaan BBM berkualitas dan ramah lingkungan di Makassar sudah mulai tinggi. Inilah yang kami harapkan dari PLB, Pertamina mengedukasi manfaat BBM berkualitas dengan membuat masyarakat merasakan sendiri manfaatnya,” terang Laode.

Tambahnya, selain proporsi konsumsi Pertalite yang meningkat, proporsi Bahan Bakar Berkualitas (BBK) jenis Pertamax dan Pertamax Turbo juga mencatatkan pertumbuhan konsumsi. Tercatat, peningkatkan proporsi konsumsi Pertamax sebesar 7,1% dari sebelumnya 5,1%, kemudian Pertamax Turbo menjadi 0,5% bergerak tipis dari sebelumnya 0,4% serta diestimasi akan terus bergerak seiring dengan kesadaran masyarakat terhadap manfaat penggunaan BBM Berkualitas.

Seperti diketahui, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Bahkan, pabrikan kendaraan sudah mensyaratkan mobil keluaran 2000-an keatas menggunakan BBM minimal sekelas Pertalite.

“Kami menghimbau masyarakat mengecek buku manual kendaraan masing-masing dan mencari nilai kompresi mesin kendaraannya. Rekomendasi BBM yang digunakan sesuai kompresi untuk motor biasanya tertulis pada tanki bensin, sedangkan untuk mobil biasanya tertulis pada kaca belakang. Rata-rata kendaraan keluaran 2003 ke atas sudah memiliki kompresi mesin dengan standard BBM minimal oktan 90,” tuturnya.

Ia pun mengharapkan pada saat promo PLB berakhir nanti, masyarakat tetap menggunakan Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. “Tentunya kami harapkan masyarakat tetap menggunakan bahan bakar minimal Pertalite untuk menjaga kualitas udara kota Makassar bersih dan sehat minimal seperti sekarang,” tambahnya.

Selain PLB, Pertamina juga memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat apabila bertransaksi secara non-tunai menggunakan aplikasi MyPertamina. “Kepada pelanggan setia Pertamina khususnya pengguna aplikasi My Pertamina bisa menikmati pembelian BBM lebih hemat Rp 300,- per liter untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite dari tanggal 1 Juni hingga 30 Juni 2021 di SPBU yang sudah terhubung dengan aplikasi My Pertamina,“ jelasnya.

Jika membutuhkan informasi terkait layanan produk Pertamina dan program khusus Pertamina lainnya, masyarakat dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center 135. (*)


BACA JUGA