Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni

Momentum HKN ke-58, Abd Rauf Harap Indonesia Segera Bebas dari Pandemi

Senin, 14 November 2022 | 19:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Masional (HKN) ke-58 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (14/11/2022).

Pada kesempatan tersebut ia mengatakan 58 tahun HKN ini, banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, khususnya saat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19, meskipun terdapat kendala dalam penyediaan pelayanan kesehatan dan Sistem Kesehatan Indonesia yang ternyata tidak siap menghadapi pandemi saat itu.

“Dengan kolaborasi profesional segala sektor, pandemi ini hampir kita lalui. Saat ini bersama dengan negara-negara lain, Indonesia sedang meningkatkan kapasitas global untuk pencegahan, persiapan dan respon terhadap pandemi di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Pada Peringatan HKN ini mengangkat tema, “Bangkit Indonesiaku Sehat NegeriKu” membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat memasuki masa transisi. Hal ini merupakan tantangan tersendiri di bidang kesehatan setelah fokus pada penanganan pandemi Covid-19, kini dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM).

“Pandemi COVID-19 telah mengajarkan bahwa tak ada satupun orang yang di dunia yang aman. Dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan,” jelasnya.

Olehnya ia berharap rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN berfokus dengan hidup bersih dan sehat, agar membuat generasi ke depan bisa menanamkan pola tersebut dan terbebas dari penyakit-penyakit salah satunya Pandemi Covid-19.(*)


BACA JUGA