Kapolda Sulsel Kunjungi Makam Sultan Hasanuddin, Harap Situs Budaya Dijaga dan Dilestarikan

Kamis, 22 Juni 2023 | 14:51 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso berkunjung ke Makam Syekh Yusuf dan Makam Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa, Kamis (22/6/2023).

Dalam kunjungannya itu, Kapolda Sulsel didampingi Wakapolres Gowa, Kompol Soma Mihardja mewakili Kapolres Gowa.

pt-vale-indonesia

Tiba di lokasi Makam Sultan Hasanuddin, orang nomor satu dijajaran Polda Sulsel itu langsung meninjau
kemajuan revitalisasi situs Budaya yang sebelumnya dilakukan Polres Gowa.

Selain meninjau langsung kemajuan revitalisasi situs Budaya di Makam Syekh Yusuf dan Makam Sultan Hasanuddin, Kapolda Sulsel menyempatkan untuk berziarah dan berdo’a di makam Syekh Yusuf dan Makam Sultan Hasanuddin.

Kapolda juga turut memberikan bantuan berupa peralatan kebersihan dan sembako kepada masyarakat yang berada disekitar lokasi Makam Sultan Hasanuddin.

Dengan adanya revitalisasi ini, Kapolda Sulsel berharap akan lebih banyak orang yang datang dan menikmati Situs budaya di Kabupaten Gowa.

“Situs-situs budaya seperti Makam Syekh Yusuf dan Makam Sultan Hasanuddin memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Kita harus menjaga dan memperkenalkan keberadaan mereka kepada generasi muda, agar mereka tetap menghargai dan melestarikan warisan leluhur kita,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Budaya dan Pusaka Parimpunganta Sekaligus Tokoh Pemuda Kabupaten Gowa, Abdul Kadir Dg Sitaba di temui secara terpisah mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya revitalisasi Makam Syekh Yusuf dan Makam Sultan Hasanuddin.

“Kami mengapresiasi program revitalisasi situs budaya oleh Bapak Kapolri, Kapolda dan khususnya Bapak Kapolres Gowa dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77, Semoga dengan bertambahnya usia ini, Polri semakin di cintai dan mencintai masyarakat,” katanya.

Masih ditempat yang sama Kapolres Gowa melalui Wakapolres Gowa KOMPOL Soma Mihardja mengatakan, situs budaya yang menjadi target revitalisasi pada momen Hari Bhayangkara ke -77 tahun 2023 adalah Makam Syekh Yusuf dan Makam Sultan Hasanuddin.

“Proses revitalisasi ini berupa pembersihan di sekitar makam Sultan Hasanuddin berupa pengecatan pagar dan perbaikan atap serta memaksimalkan UMKM disekitar situs,”kata Kapolres.

Selain itu untuk di Makam Syekh Yusuf, titik-titik yang dapat di revitalisasi diantaranya renovasi atap yang bocor dan penggantian jendela dan atap ruang juru kunci.

“Diharapkan dengan revitalisasi ini, keberadaan situs budaya di Kabupaten Gowa dapat terus memperkaya nilai-nilai kebudayaan dan mendukung UMKM di sekitar Makam Syekh Yusuf dan Makam Sultan Hasanuddin,” tukasnya. (*)


BACA JUGA