Gunakan Spyder Excavator, Dinas PU Makassar Bersihkan Kanal Buloa

Senin, 31 Juli 2023 | 22:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melalui Tim Satgas Drainase mengeruk sedimen dan sampah di saluran sekunder di Jalan Teuku Umar 13, Kanal Buloa, dan sekitarnya.

Tim Satgas menggunakan 1 unit alat berat Spyder Excavator dan 2 unit armada Dump truk untuk membersihkan kanal Buloa. Juga dibantu oleh Tim Kelurahan Buloa dan Tim Kecamatan Tallo.

pt-vale-indonesia

Kegiatan ini berlangsung selama enam hari kerja. Mulai Senin hingga Sabtu (24-29 Juli 2023).

Kegiatan normalisasi ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari laporan pihak Kelurahan Buloa terkait masalah genangan yang terjadi saat musim penghujan.

Sampah, eceng gondok, dan sedimen yang menumpuk di saluran menyebabkan genangan dengan ketinggian rata-rata mencapai 30-60 cm di beberapa lokasi.

Proses pengerjaan meliputi pengerukan sedimen saluran, pembersihan sampah dan eceng gondok menggunakan alat berat, serta normalisasi saluran tersier yang terhubung langsung ke saluran sekunder dengan melibatkan anggota Satgas Drainase secara manual.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan normalisasi ini, kami berharap dapat meminimalisir genangan yang terjadi di Wilayah Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo,” ujar Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari rapat koordinasi sebelumnya bersama para Camat dan Dinas PU Kota Makassar, serta akan dilakukan secara berkelanjutan ke depannya.

Dengan terselesaikannya kegiatan normalisasi kanal ini, diharapkan wilayah sekitar dapat terhindar dari genangan yang meresahkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.(*)


BACA JUGA