Sambut HUT ke-78 RI, Makassar Culinary Night 2023 Digelar 4 Agustus

Rabu, 02 Agustus 2023 | 14:06 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun, Makassar Culinary Night (MCN) 2023. Event ini akan berlangsung mulai 4 sampai 8 Agustus nanti.

Event Kuliner terbesar di kota Makassar ini sudah terselenggara secara rutin sejak 2015 dengan 18 kali pelaksanaan. Untuk tahun 2023, MCN mengambil tema ‘Merah Putih’.

pt-vale-indonesia

Setiap tahunnya, MCN menjadi wadah bagi UMKM dan industri kreatif di bidang kuliner untuk berkembang dan membuka jaringan konsumen dan pemasaran yang lebih besar. Acara yang digelar selama 3 (tiga) hari ini akan berlangsung pada tanggal 4 sampai 6 Agustus 2023 yang berlokasi di Fort Rotterdam Makassar.

Diselenggaranya Makassar Culinary Night 2023 terus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Makassar. Terkhusus Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar.

Kepala Dispar Makassar, Mohammad Roem mengatakan MCN menjadi salah satu agenda tahunan yang paling dinantikan oleh masyarakat kota makassar. Kegiatan ini bisa memberi kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di Makassar melalui event kuliner.

“Hal ini sejalan dengan branding Makassar sebagai “Kota Makan Enak”,” ujar Roem saat konferensi pers,

Mistrianie Andi Muin selaku Founder MCN menjelaskan bahwa perayaan MCN ke-19 ini merupakan pertama kalinya MCN diselenggarakan di bulan Agustus. Di mana bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

“Kemeriahan festival kuliner ini juga menjadi salah satu bentuk partisipasi dalam membangkitkan semangat Nasionalisme dan Patriotisme melalui berbagai kegiatan didalamnya,” ucapnya.

Mistri menambahkan bahwa setiap kali pelaksanaan MCN selalu menghadirkan tenant-tenant pilihan yang sebagian besar merupakan produk UMKM Kota Makassar.

“Terdapat 78 tenant yang telah berhasil di seleksi secara ketat oleh tim Qurator agar bisa menghadirkan jajanan khas kota Makassar,” jelasnya.

Honda ikut serta mendukung kesuksesan MCN. Dalam kesempatan ini, Jeffery Tipawael selaku Area Sales Manager Honda Makassar, menjelaskan bahwa pihaknya menjadikan Makassar Culinary Night sebagai moment yang tepat untuk meluncurkan program yang mendukung Kota Makassar sebagai Kota Kuliner dengan hadirnya jargon “Honda Jagoan Kuliner”.

“Program Honda Jagoan Kuliner sendiri merupakan spirit Honda dalam mendukung UMKM di kota Makassar khususnya di bidang kuliner untuk terus mengembangkan usahanya,” ucapnya.

Jeffery menambahkan bahwa keikutsertaan Honda dalam gelaran Makassar Culinary Night dikarenakan adanya misi yang sama yaitu bersinergi dalam membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

MCN juga berterima kasih kepada pihak sponsor lainnya yakni Bank BRI yang menjadi mitra dalam proses pembayaran non tunai bagi pada pengunjung melalui pembayaran Qris yang telah tersedia di setiap tenant yang ada di MCN.

Kesuksesan seluruh rangkaian kegiatan MCN juga tidak lepas dari dukungan pihak sponsor yakni Swiss-bell Hotel Makassar yang telah menyediakan ruang, sehingga beberapa rangkaian proses menuju MCN 2033 dapat terlaksana dengan lancar.

Sponsor lainnya seperti SOSRO & Prima, Biznet, Prima Visioun, dan Omorfoo Shop yang kehadirannya ikut serta dalam mensukseskan event kuliner terpopuler di Makassar ini. (*)


BACA JUGA