Perkuat Kompetensi Tenaga Dosen-Mahasiswa, Unibos Teken MoU dengan Üsküdar University Turki

Sabtu, 09 September 2023 | 06:43 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Bosowa (Unibos) dan Üsküdar University telah resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di di Istanbul, Turki pada Selasa (05/09/2023). Perjanjian ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan kompetensi dosen dan mahasiswa dari kedua institusi.

Berbagai poin penting yang akan menjadi fokus pada kerja sama tersebut di antaranya pertukaran mahasiswa untuk tujuan belajar, tenaga dosen untuk tujuan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

pt-vale-indonesia

Kolaborasi penelitian bersama juga akan menjadi fokus dalam MoU ini. Unibos dan Üsküdar University akan bekerja sama dalam penyeenggaraan penlitian-penelitian dalam berbagai ilmu, melihat banyak kesamaan Program Studi pada kedua institusi tersebut.

Rektor Universitas Bosowa, Prof Batara Surya mengatakan, kolaborasi ini dapat memperkuat SDM di Unibos. “Setelah berdiskusi dengan pihak Üsküdar University, ternyata banyak hal yang bisa kita kerja samakan, tetapi fokus utama kami ada pada penguatan kompetensi tenga dosen dan juga mahasiswa kami, sehingga dapat memberikan pengalaman internasional yang berharga bagi keberlanjutan pendidikan kedepannya,” tuturnya.

Dia berharap kerja sama ini dapat berjalan lancar. “Tentu harapan besar kami kolaborasi ini dapat memberikan manfaat besar dan kontribusi positif, baik dari sisi riset yang bisa dikolaborasikan bersama, maupun tenaga dosen dan mahasiswa kami bisa melanjutkan pendiikan di Üsküdar University.

Sementara itu, Göknur GÜNDOĞAR, Department of International Relations International Promotion dan Marketing Manager Üsküdar University juga mengaku yakin kerja sama ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua institusi.

“Kami sangat bahagia atas kedatangan Universitas Bosowa di kampus kami untuk melakukan kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian,” ucapnya.

Dia menambahkan, kerja sama ini akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Turki dalam bidang Pendidikan dan Penelitian.

Selain Rektor Universitas Bosowa, MoU ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Rektor I, Prof Haeruddin Sleh, dan Wakil Rektor II, Zulkifli Mauana, serta Director in Charge Bosowa Education, Asrul Hidayat.

Ucapan Terima kasih juga disampaiakan oleh Rektor Unibos dan Uskudar University kepada Edutolia Education yang telah menjembatani kedua institusi sehingga dapat melakukan kunjungan dan kerja sama di Turki. (*)


BACA JUGA