Lurah Bakung Bagikan Tips Keberhasilannya Turunkan Angka Stunting di Rakor TPPS

Rabu, 13 Desember 2023 | 16:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Lurah Bakung, Kecamatan Biringkanaya, Ricky Andhika Karumpa didapuk menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS). Bertempat di Hotel Grand Maleo, Rabu (13/12/2023).

TPPS menunjuk Ricky Andhika Karumpa sebagai narasumber lantaran dinilai berhasil menurunkan angka stunting di Kelurahan Bakung.

pt-vale-indonesia

Ricky–sapaan akrabnya mengaku penurunan angka stunting di wilayahnya tidak lepas dari program bapak asuh anak stunting yang digalakkan oleh pemerintah kota.

“Data awal dari dinas terkait itu tahun 2022 itu ada 103 kasus kemudian turun menjadi 62 kemudian mengerucut lagi setelah diverifikasi lagi sisa 18 anak stunting,” ujarnya.

Adapun, kata dia, anak yang masih mengalami stunting masih dilakukan pendampingan ketat. Ia percaya program bapak asuh anak stunting ini bisa terus menurunkan angka stunting.

“Jadi 18 anak ini masuk dalam program bapak asuh anak stunting. Dan semuanya kini perkembangannya cukup bagus dari tinggi badan. Semoga Makassar ini bisa zero stunting,” jelasnya.

Ia juga berbicara mengenai kunjungan Kelurahan Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Di mana Bakung menjadi percontohan suksesor penurunan angka stunting.

“Mereka melihat bagaimana teknis apa yang kami lakukan, program apa yang kami jalankan. Mereka menilai penanganan angka stunting di Bakung cukup berhasil,” lanjut Ricky.

Terakhir, Ricky juga membahas inisiasi warga untuk melakukan swadaya dengan mengumpulkan uang untuk memberikan makanan bergizi bagi anak stunting.

“Dana itu kami gunakan untuk membuat makanan bergizi yang gizinya sudah dikalkulasi oleh tim pendamping Puskesmas. Tiap Jumat kami juga mengantarkan dan menyuapi makanan ke anak tersebut,” tutupnya.(*)


BACA JUGA