Ada 15 Lantai, Gedung Fakultas Kedokteran Unibos Ditarget Rampung Dua Tahun

Senin, 29 Mei 2023 | 22:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Bosowa (Unibos) memulai pembangunan gedung Fakultas Kedokteran berlantai 15. Peletakan batu pertama pun digelar di Jalan Urip Sumohardjo yang menjadi lokasi gedung nantinya, Senin (28/05/2023).

Peletakan batu pertama dilakukan Rektor Unibos, Prof Batara Surya bersama Ketua BPH Yayasan, Aksa Mahmud Asrul Hidayat, Dekan FK Unibos, dr Bachtiar Baso dan jajaran wakil rektor.

pt-vale-indonesia

Gedung FK Unibos nantinya akan menjadi pusat pembelajaran kedokteran. Di mana nantinya ada laboratorium beserta alat canggih penunjang pembelajaran.

Pembangunan gedung 15 lantai ini ditargetkan dapet rampung selama dua tahun. Artinya, tahun 2025 nantinya sudah bisa dipakai.

Vice Rektor IV Unibos Agus Salim menyampaikan pembangunan sudah dimulai lantaran telah mendapatkan izin. “Studi kelayakan, lalin, amdal, penyelidikan tanah, sekarang desain sudah sampai 80 persen maka wajar hari ini kita peletakan batu pertama,” tuturnya.

“Dari desainnya luar biasa. Artinya kedokteran menjadi brand dan kedepan lebih tinggi daya tariknya karena gedungnya saja mewah. Tantangan kedokteran kedepan otomatis jumlah mahasiswa meningkat,” sambung Agus.

Sementara itu, Rektor Unibos, Prof Batara Surya menyampaikan mahasiswa FK sudah semakin banyak. Maka kehadiran gedung baru sebagai sarana belajar dan praktik sangat dibutuhkan.

“Hidup itu harus seimbang, kalau katanya FK sudah banyak mahasiswa, ada over kapasaitas. Maka harus ada gedung baru,” jelasnya.

Prof Batara Surya mengingatkan sivitas FK untuk tidak berpuas diri dahulu. Sebab, peningkatan jabatan fungsional dosen FK dinilai perlu ditingkatkan.

Hal ini menjadi catatan Rektor Unibos agar penyediaan fasilitas dan SDM berjalan beriringan. “Jangan sampai gedung mewah tapi SDM tidak memumpuni. Mengurus jabatan fungsional itu berkaitan pribadi maka harus ada semangat dan spirit,” katanya.

Merespon tantangan Prof Batara Surya, dr Bachtiar Baso mengaku sudah mempersiapkan sivitas akademika FK maju sebagai guru besar.

“Kami harus meningkatkan dosen. Ada tiga orang kami rekomendasi bisa jadi guru besar. Semoga mereka mempersiapkan juga termasuk yang bicara ini,” tuturnya.

Dirinya mempersiapkan diri maju sebagai guru besar. Maka dari itu, pengembangan tridharma perguruan tinggi terus ia genjot implementasinya.

Dekan FK Unibos juga mencanangkan program menuju akreditas unggul. Saat ini, FK Unibos sudah memiliki rumah sakit pendidikan utama

“Kita juga sudah punya rumah sakit pendidikan utama dan kita kerjasama pemprov di RS Labuang Baji. Kalau misalnya masih butuh boleh. Dimungkinkan dua RS Pendidikan Utama,” katanya.

Terkait kurikulum, ia ingin FK Unibos menjadi pusat pembelajaran kedokteran industri.
Sehingga lulusannya bisa menempuh masa depan sebaga tim kesehatan di ranah industri.(*)


BACA JUGA