ilustrasi api

70% Kebakaran di Makassar Akibat Korslet

Sabtu, 05 September 2015 | 13:13 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.Com – Korsleting atau arus pendek listrik mendominasi penyebab kebakaran di Kota Makassar. Merujuk data hasil penelitian Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Makassar, persentasenya mencapai 70 persen dari 112 peristiwa kebakaran sepanjang 2015.

“Yang pasti penyebab kebakaran masih didominasi arus pendek sekitar 70 persen dan 30 persen dari human eror,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Imran Samad yang dihubungi melalui telepon, Sabtu (5/9/2015)

pt-vale-indonesia

Imran enggan menjelaskan, penyebab arus pendek yang memicu kebakaran di Makassar. “Untuk penjelasan lebih lanjutnya, mesti dari Labfor (Laboratorium Forensik) kepolisian,” katanya. Sementara itu, human error lebih didominasi dari kasus ledakan kompor.

Imran mengatakan, keduanya pemicu api umumnya terjadi di kawasan padat penduduk di Makassar. “Kita terus lakukan sosialisasi ke masyarakat untuk pencegahan keduanya. baik melalui media cetak, online, maupun elektronik,” jelasnya.

Ia juga mengimbau warga agar memerhatikan lingkungannya di musim kemarau saat ini.

Halaman 2

“Kita terus lakukan pemantauan, utamanya ilalang yang juga bisa menyebabkan kebakaran,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat kejadian alam, Disdamkar Makassar memberikan penanganan dini dengan membasahi kawasan ilalang di Makassar.


BACA JUGA