Jameson's Supermarket jaman sekarang. (Foto: Andi Dahrul Mahfud)/gosulsel.com).

Jameson’s Supermarket, Tempat Bermain Ding Dong Tahun ’80-an

Sabtu, 03 Oktober 2015 | 12:23 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Ini dia salah satu tempat bermain anak-anak Makassar di tahun 1980-an, Jameson’s Supermarket. Di jaman itu, para orang tua yang ingin berwisata bersama buah hatinya, menjadikan tempat ini sebagai salah satu rujukan.

Jameson’s dulu banyak menyediakan fasilitas bermain yang sedang naik daun di jaman itu. Ardiansyah Mahrik, seorang warga di sekitar toko itu berkisah, kalau dulu bermain di Jameson’s cukup membawa uang Rp 500 perak (dengan adanya inflasi, tentu tak setara dengan nominal Rp 500 perak saat ini), sudah bisa bermain sepuasnya. Ada yang bermain robot-robot yang bisa ditumpangi sampai menunggang kuda-kudaan.

pt-vale-indonesia

Dan yang paling diidolakan oleh anak-anak pada saat itu adalah ding dong.

Permainan ding dong adalah permainan yang mirip permainan virtual yang ngetren saat ini. Namun cara mainnya cukup berbeda yaitu dengan menggunakan stik yang melekat di meja layar tempat bersandarnya layar game. Sebelum memainkannya, anak-anak harus memasukkan koin dulu ke dalam box permainan.

“Dulu, ramainya Jameson’s itu kalau malam hari. Tapi bukanya sampai pukul 10 malam saja. Dulu, Jameson’s itu terkenal sama halnya Time Zone sekarang,” kenang Ardiansyah kepada Gosulsel.com, Kamis (01/10).

Halaman 2

Tapi setelah toko itu terbakar di tahun 2001, salah satu tujuan bermain anak-anak yang terletak di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo itu berubah. Toko itu lantas cuma berfokus pada bisnis yang juga bergandengan dengan bisnis permainan saat itu yakni menjual perkakas dan alat elektronik. Tak ada lagi keceriaan anak-anak bermain kuda-kudaan atau ding dong di tempat itu.

“Setelah kebakaran, lamapi baru dibangun, tidak cepat. Karena banyak yang perlu direnovasi,” ungkap salah seorang satpam yang tidak ingin disebutkan namanya.

Hingga saat ini, Jameson’s tetap eksis sebagai penjual hardware di Makassar dan sebagian warga Makassar menjadikan tempat ini sebagai pelegkap kebutuhan keluarga dan perusahaan.


BACA JUGA