Buah Tala'. (Foto: allfresh.co.id).

Buah Tala’, Si Kenyal & Segar dari Jeneponto

Jumat, 09 Oktober 2015 | 11:00 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Sudah pernah rasakan buah tala’? Buah tala’ berbentuk kolang-kaling dengan ukuran yang lebih besar namun lebih bening. Buah ini juga berair, cocok menghalau dahaga di siang hari. Rasanya hampir mirip dengan rasa daging kelapa muda dengan tekstur yang lebih kenyal. Ada yang manis namun ada pula yang hambar.

Buah tala’ cocok buat yang lagi diet karena buah ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, buah ini juga punya serat yang baik untuk membantu pencernaan. namun lemaknya rendah.

pt-vale-indonesia

Di Makassar, buah tala’ yang dikemas dengan plastik putih dan dengan cara dipikul ini berasal dari Jeneponto, Sulawesi Selatan. Harganya relatif murah yakni Rp 10 ribu per kresek.

Romi yang berjualan tala' dari Jeneponto. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/gosulsel.com).

Romi yang berjualan tala’ dari Jeneponto. (Sumber: http://risablogedia.blogspot.co.id)

“Harganya Rp 10 ribu per kantongnya, dengan berat sekitar 1 kilogram,” ungkap Romi, seorang penjual buah tala’ keliling, kepada GoSulsel.com, Senin (05/10).

Dulu buah tala’ cukup banyak dijajakan di jalanan di Makassar dan sekitarnya. Namun sekarang, sudah tak terlalu banyak lagi. Jika ingin merasakan segarnya buah tala’, beberapa penjual tala’ biasa terlihat memikul dagangannya di daerah Jalan Sunu, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 10, dan Jalan Boulevard.


BACA JUGA