Pemprov Sulsel Usulkan 1,5 Juta Kuota Layanan Kesehatan Gratis di 24 Kabupaten & Kota

Minggu, 28 Februari 2016 | 16:14 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Rachmat Latif menjelaskan, tahun 2016 ini, integrasi Kesehatan Gratis ke BPJS mulai diberikan. Awalnya,Pemprov mengusulkan 1,5 juta kuota berdasarkan data masyarakat yang laik memperoleh layanan kesehatan gratis di 24 kabupaten/kota.

Namun setelah BPJS melakukan verifikasi di lapangan, hanya 1,2 juta yang memenuhi syarat. “Itulah nanti yang akan mendapat layanan kesehatan dari BPJS secara gratis,” jelas Rachmat.

pt-vale-indonesia

Terkait pembiayaan, lanjut dokter pribadi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo itu, sistemnya sama dengan program kesehatan gratis. Ada sharing anggaran sebesar 40 persen dari Pemprov Sulsel dan 60 persen dari pemerintah kabupaten/kota.

Tahun 2016 ini, Pemprov Sulsel menyiapkan total Rp120 miliar untuk pembayaran premi BPJS untuk 1,2 juta warga tidak mampu yang lulus verifikasi. Premi yang harus dibayarkan untuk warga sebesar Rp23 ribu yang bisa mencover layanan rumah sakit kelas 3. Anggaran tersebut akan dibayarkan ke BPJS per triwulan.

Sebelumnya, Adnan Purichta Ichsan berencana melakukan uji materi penerapan iuran BPJS Kesehatan, karena dianggap menyusahkan masyarakat miskin. Terlebih lagi, banyak masyarakat yang mengeluh akibat buruknya pelayanan dari program JKN.

Halaman:

BACA JUGA