Terumbu Karang di Bulukumba Mengalami Pemutihan Massal

Kamis, 10 Maret 2016 | 19:12 Wita - Editor: Syamsuddin -

Terpisah, pakar terumbu karang Universitas Hasanuddin, Dr. Syafiuddin Yusuf membenarkan peningkatan suhu pada perairan memberikan dampak terhadap terganggunya pertumbuhan terumbu karang yang bersimbiosis dengan zooxanthella. Peningkatan suhu ini mengakibatkan terjadinya bleaching pada terumbu karang.

Dr. Syafiuddin menyampaikan pemutihan massal ini terjadi secara global. Dimana perairan yang dilewati arus panas, terumbu karangnya akan terancam memutih.

pt-vale-indonesia

“Dalam pemantauan kami, untuk di Sulawesi Selatan pemutihan karang juga terjadi di perairan kepulauan Spermonde Pangkep,” jelas Dr. Syafiuddin yang juga Dosen Koralogi Jurusan Ilmu Kelautan Unhas ini.

Untuk penanganan pemutihan massal, Syafiuddin mengungkapkan belum ada langkah spesifik untuk melawan arus global panas yang memberikan ancaman terhadap terumbu karang. Namun, ia berharap monitoring secara berkala harus tetap dilakukan untuk melihat besaran dampak yang ditimbulkan.

“Kita hanya berharap, pemerintah harusnya telah menyiapkan langkah-langkah strategis menghadapi bleaching massal. Sebab akan berdampak tehadap potensi laut, perikanan dan wisata bawah laut Indonesia,” tutup Syafiuddin Yusuf. (rilis)

Halaman:

BACA JUGA