Terumbu Karang di Bulukumba Mengalami Pemutihan Massal

Kamis, 10 Maret 2016 | 19:12 Wita - Editor: Syamsuddin -

“Dugaan ini kami dasari dari rilis National Ocean Atmospheric Administration (NOAA) yang mengungkapkan bahwa sebagian wilayah Indonesia suhu air lautnya akan terus meningkat di atas rata-rata awal hingga petengahan tahun ini,” jelas Nirwan.

Saat terjadi pemutuhan kata, Nirwan karang akan berpeluang mengalami kematian secara massal. Sebab, karang yang tidak mampu untuk bertahan hidup tanpa alga simbiotiknya dan melakukan pemulihan pasca memutih akan tertutupi oleh alga sehingga mengalami kematian.

pt-vale-indonesia

Sebelumnya, NOOA telah merilis peta daerah yang akan dilalui pergerakan suhu panas permukaan laut. NOOA membagi 5 kategori daerah yakni tidak terjadi bleaching, pemantauan bleacing, peringatan bleaching, siaga 1 bleaching dan siaga level 2 bleaching.

Berdasakan peta tersebut, perairan Kabupaten Bulukumba masuk dalam kategori pemantauan bleaching. Namun, beberapa wilayah di Indonesia masuk dalam kategori siaga 1 bleaching dan siaga level 2 bleaching, termasuk Raja Ampat yang merupakan surga karang dunia.

“Nelayan setempat juga menyampaikan kepada kami bahwa suhu perairan di Kabupaten Bulukumba 1 minggu yang lalu sebelum kami turun lapangan mengalami kenaikan suhu atau panas,” tandas Nirwan yang juga mahasiswa Kelautan Unhas ini.

Halaman:

BACA JUGA