Kodim 1414 Tana Toraja Sosialiasi Nilai Pancasila di Sekolah

Kamis, 02 Juni 2016 | 06:44 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni -

Toraja Utara, GoSulsel.com – Memperingati hari lahirnya Pancasila setiap 1 Juni, Kodim 1414 Tana Toraja melakukan sosialisasi di beberapa sekolah yang ada di Toraja. Hal ini sehubungan  dengan mulainya muncul gerakan – gerakan yang mulai menggoyan Pancasila sebagai Idiologi Negara Indonesia, akibat dari  memudarnya pemahaman tentang Pancasila di kalangan pelajar.

Hal ini diungkapkan oleh Dandim 1414 Tana toraja  Letkol Cpn Jimmy Sirait, dalam mengantisipasi semakin terpuruknya Pancasila sebagai Idiologi Negara di kalangan pelajar maka diperlukan generasi mudah yang berkarakter Idiologi Pancasila sebagai tonggak generasi penerus Bangsa.

pt-vale-indonesia

“Bertepatan dengan hari lahir pancasila, ini menjadi waktu atau momen yang sangat tepat, melaksanakan sosialisasi pada para pelajar, guna memahami atau mengingat kembali bahwa pancasila itu adalah Dasar Negara yang tidak dapat di ganggu gugat oleh siapapun baik dari luar maupun dari dalam negeri sendiri” Jimmy Sirait.

Kegiatan ini, menurut Jimmy dilaksanakan secara serentak oleh para Danramil jajaran Kodim 1414/Tator di wilayah Binaan masing – masing yang yang dibentuk dalam jumlah tiga Tim  pemateri.

“Ada beberapa materi yang disampaikan Penjabaran Butir – Butir Pancasila, Materi tentang menghafal dan memahami tentang lima Sila dari Pancasila serta materi tentang Penerapan Nilai – Nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – hari,”ucap Jimmy

Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah- sekolah wilayah Kodim 1414/Tana Toraja diantaranya SDN 6 Kapala Pitu, SMP Negeri 1 Mengkendek, SMPN 2 Bonggakaradeng, SMP Kristen Makale, SMP Kristen Sangalla, SMPN 1 kapala Pitu, SMAN 1 kesu, SMAN 1 Sa’dan dan SMA Kristen Rantepao.

Kontributor GoCakrawala Toraja Utara/

Halaman:

BACA JUGA