(FOTO: Workshop Reviu Rancangan Awal Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan/Rabu, 27 Juli 2016/Muhammad Seilessy/GoSulsel.com)

Tak Sinkron dengan Pusat, Renstra Pendidikan 6 Kabupaten di Sulsel Akan Direvisi

Rabu, 27 Juli 2016 | 18:53 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Reviu Rencana Strategis Dinas Pendidikan yang dilakukan USAID PRIORITAS dengan enam kabupaten mitranya yaitu Soppeng, Enrekang, Maros, Sidrap, Tana Toraja, dan Pangkep, mengungkap tingkat kesesuaian  renstra pendidikan daerah-daerah  tersebut dengan renstra pendidikan Kemendikbud adalah 37 – 57 persen. Nilai ini didapatkan setelah mereka bersama-sama membandingkan indikator renstra daerah dengan 60 indikator kinerja renstra  Kemendikbud.

“Walau  disesuaikan dengan kebutuhan daerah, rencana strategis daerah harus sinkron dengan Rencana Strategis Pendidikan Nasional,” ujar M. Ridwan Tikollah, Governance and Management Specialist USAID PRIORITAS disela–sela acara Workshop Reviu Rancangan Awal Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan yang diadakan di Hotel M. Regency Makassar (27/7/2016).

pt-vale-indonesia

Menurut Ridwan, tingginya ketidaksinkronan ini, salah satunya dikarenakan beberapa dinas pendidikan kabupaten dalam membuat renstra lebih mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. “Kita di sini membantu mereka mensinkronkan renstra daerah dengan renstra Kemendikbud,” ujar Ridwan.

Kegiatan reviu rencana strategis pendidikan daerah ini dihadiri oleh 36 orang terdiri dari unsur Bappeda, DPRD, dan Dinas Pendidikan. Baik daerah yang sedang menyusun maupun yang renstranya sudah disahkan merasa terbantu dengan adanya kegiatan reviu  ini.(*)


BACA JUGA