(FOTO: Jembatan penghubung Pulau kanalo 1 dan Kanalo 2. Lokasinya terdapat di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai. Jembatan ini banyak dimanfaatkan para pelancong untuk mengabadikan Sunrise ataupun Sunset/Sumber: Sinjai.info)

Rencana Traveling ke Sinjai? 10 Tempat Ini Jangan Sampai Tak Dikunjungi

Kamis, 04 Agustus 2016 | 15:43 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

  1. Air Terjun Batubarae

Batubarae adalah sebuah aset wisata yang cukup unik dan jadi salah satu lokasi tujuan wisata yang banyak diminati oleh kalangan wisatawan nusantara dan mancanegara. Lokasinya tidak terlalu jauh untuk dinikmati. Cukup dengan kendaraan roda empat atau roda dua dengan jarak tempuh sekitar 35 km dari pusat kota. Kontur alamnya cukup menyenangkan dengan suhu yang sejuk, memotivasi kita untuk berpetualang, menjelajahi keindahan panorama Batubarae.

Tatkala kedinginan mulai menyelimuti, kawan traveliner justru akan makin bersemangat menaklukkan kecadasan tebing dan pesisir gunung Batu Barae. Masyarakat setempat menamainya ‘Kandang Binatang’ yang terbuat dari batu. Mitosnya, tempat ini dulunya berupa kandang seekor kerbau raksasa. Lokasi air terjun Kembar Batu Barae ini terletak di Desa Barambang, Kecamatan Sinjai Borong.

pt-vale-indonesia

Air Terjun Kembar adalah nama yang unik karena kawasan wisata ini memiliki dua air terjun yang memiliki kesamaan dan berdampingan hanya dengan jarak 60 m dalam satu kawasan. Dengan ketinggian 40 – 45 m dan ketebalan air terjun bagian atas 2 sampai 3 m. Debit air yang sama-sama besar sekitar 4 m. Di tengah, antara kedua air terjun ini, terdapat tangga seribu menuju lokasi kolam permandian dengan fasilitas gazebo dan bendungan talud yang dimanfaatkan masyarakat petani untuk irigasi lahan di luar kawasan.

Tak ketinggalan pula  sebuah villa wisata yang telah permanen berdiri dengan latar belakang keindahan air Terjun Kembar serta tatanan alami yang telah menyatu dalam satu kawasan wisata. Hal ini membuat berwisata di lokasi ini dapat melepaskan penat dengan menikmati wisata alam yang cantik.

Air tetjun ini  terletak pada ketinggian 800 mdpl dengan udara yang sangat sejuk dan dingin. Sehingga pada pagi dan sore hari kawasan ini kadang-kadang tertutupi oleh kabut tebal.

Halaman: