(FOTO: Jembatan penghubung Pulau kanalo 1 dan Kanalo 2. Lokasinya terdapat di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai. Jembatan ini banyak dimanfaatkan para pelancong untuk mengabadikan Sunrise ataupun Sunset/Sumber: Sinjai.info)

Rencana Traveling ke Sinjai? 10 Tempat Ini Jangan Sampai Tak Dikunjungi

Kamis, 04 Agustus 2016 | 15:43 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

  1. Benteng Balangnipa

Sebuah Arsitektur bangunan kuno dengan gaya eropa berdiri kokoh di kawasan tenggara Sulawesi Selatan. Sebuah benteng pertahanan yang terletak di kelurahan Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai berjarak sekitar 1 km dari pusat kota dan merupakan salah satu dari tiga benteng terbesar di Sulawesi Selatan mendampingi Fort Rotterdam di Makassar dan Benteng Somba Opu di Gowa.

Kemegahan dan kekokohan Benteng Balangnipa dimulai pada awal abad XVI atau sekitar tahun 1557 oleh Kerajaan Tellulimpoe (Lamatti, Tondong, Bulo-bulo) yang pada awal pembangunannya hanya terbuat dari batu gunung yang diikat dengan Lumpur dari Sungai Tangka dengan ketebalan dinding “Siwali Reppa” atau setengah sepa. Bentuk dan struktur bangunan benteng menghadap ke Sungai Tangka di utara. Benteng ini memiliki 4 buah Bastion (pertahanan) yang membentuk segi empat oval.

pt-vale-indonesia

Halaman: