Februari 2017, Nilai Tukar Petani Sulsel Tingkat Nasional Urutan ke-11

Kamis, 02 Maret 2017 | 09:57 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

“Turunnya itu terkait dengan deflasi yang terjadi di Februari mengenai harga beras. Dan deflasinya tidak main-main menduduki bobot tertinggi kedua setelah daging ayam ras. Cukup signifikan turunnya harga beras di Februari,” tuturnya.

Perkembangan Nikai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) Sulawesi Selatan menurut sub sektor Februari 2017 dibanding Januari 2017, sektor yang mengalami kenaikan yaitu Hortikultura sebesar 1,32% dan perikanan 0,37%.

pt-vale-indonesia

“Jika dilihat dari NTUP nya, NTUP petani itu sudah di atas 100 poin kalau kita lihat dari skop khusus untuk lingkup usaha itu. Artinya petani itu sudah dalam posisi happy meskipun turun 0,77% dibanding Januari 2017,” imbuhnya.

Penurunan terjadi disebabkan karena indeks yang diterima petani (it) mengalami penurunan sebesar 0,33% dan indeks yang dibayar petani (ib) mengalami kenaikan sebesar 0,41%.

Penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) disebabkan oleh turunnya indeks yang diterima petani. Penyebab turunnya indeks yang diterima petani adalah turunnya indeks pada dua sub sektor yaitu subsektor tanaman pangan sebesar 0,73% dan subsektor perkebunan rakyat sebesar 1,63%.

Halaman:

BACA JUGA