Begini Cara 3 Tahanan Kabur dari Rutan Klas 1 Makassar

Minggu, 07 Mei 2017 | 16:13 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Harlin - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Tiga Tahanan di Rutan Kelas 1 Makassar berhasil kabur dengan menggergaji lubang angin dikamarnya, Minggu (7/5/2017).

Ketiganya merupakan tahan yang sekamar. Satu diantaranya adalah terpidana mati yakni Iqbal alias Balla (32) si Kolor Ijo asal Luwu Timur. Sementara kedua rekannya yang divonis seumur hidup yakni Rizal Bin Budiman Aliaa Ical (22) dan Muh Tajrul Kilbaren Bin Kalbaren Alias Arus (31).

pt-vale-indonesia

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Iqbal yang divonis karena telah menusuk puluhan alat kelamin wanita ini kabur dari tahanan, Minggu (07/05/2017) setelah menggergaji jeruji besi bersama dua rekannya.

Kepala Lapas Klas I Makassar Marasidin Siregar yang membenarkan kaburnya tiga orang napi itu. Mereka diketahui kabur setelah tidak hadir dalam apel pagi.

“Ketiganya menjebol dengan menggergaji terali besi yang merupakan lubang angin lalu memanjat tembok Lapas, sekarang masih koordinasi dengan kepolisian untuk memburu ketiganya,” ujar Marsidin.

“Kebetulan pada saat itu, pos yang mereka tempati lewat tidak ada yang jaga. Penjaga kita ada 8 orang setiap pergantian. Dan pos-pos didalam sebanyak 6 pos. Empat lainnya terisi dua yang tidak, itulah yang dimanfaatkan oleh para napi itu,” lanjutnya.

Dengan kaburnya tiga tahahan ini, pihaknya menghimbau seluruh masyarakat tidak panik atas kejadian ini.

“yang jelas kami hadir di tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman, dan diharapkan pula segera melaporkan ke kepolisian setempat ketika mengetahui keberadaannya atau hal-hal yang mencurigakan,” ujarnya.

“Kita sudah koordinasi dengan Polsek, Polres serta Polda untuk menangkap pelaku, serta kita sudah mengeluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat Sulsel,” tuturnya. (*)


BACA JUGA