Fantastis, BPJS Kesehatan Bayar ke Faskes Rp130 M Per Bulan

Selasa, 22 Agustus 2017 | 17:02 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – BPJS Kesehatan Cabang Makassar membayar ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) sebesar Rp130 miliar setiap bulan. Dari jumlah tersebut,sekitar 20% dibayarkan ke Faskes tingkat pertama.

“Yang dibayarkan ke Faskes rata-rata sebulan Rp 130 miliar, 20% nya ke Faskes tingkat pertama sebesar Rp 26-30 miliar. Sisanya ke Faskes tingkat lanjut sebesar Rp 110 miliar,” kata Kepala BPJS Kesehatan cabang utama Makassar, Unting Patri Wicaksono, Selasa (22/08/2017).

pt-vale-indonesia

Diketahui, premi yang terkumpul setiap bulan di wilayah Makassar mencapai Rp 40 miliar. Nilai yang dibayarkan ke faskes lebih besar dari premi yang terkumpul setiap bulan karena banyaknya rujukan yang masuk ke wilayah Makassar dari Indonesia Tengah dan Timur.

“Makassar tidak hanya melayani penduduk Makassar, tapi juga rujukan dari seluruh Indonesia tengah dan timur. Jadi pelayanan disini biasanya kasus-kasus berat,” imbuhnya.

Pemerintah menerapkan subsidi silang untuk program JKN KIS. Oleh karenanya, meskipun premi yang terkumpul lebih kecil dari pembayaran ke fasilitas kesehatan, pusat yang akan mengalirkan dana untuk pembayaran faskes di wilayah tersebut.

“Yang menutupi kekurangannya daerah lain. Terkumpulnya di pusat dan turun ke wilayah dalam bentuk anggaran. Jadi, sesuai kebutuhan tiap daerah. Daerah yang preminya banyak tidak punya faskes membayar kepada daerah yang faskesnya lengkap,” tukasnya. (*)


BACA JUGA