Sulsel-Jerman Kerjasama Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

Sabtu, 11 November 2017 | 01:00 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ), dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menandatangani perjanjian teknis kerjasama Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di Sulsel. Penandatanganan dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (10/11).

Tujuan kerjasama tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Sulsel. Dimana sebelumnya, dilaksanakan sosialisasi dan konsultasi pembentukan jaringan inovasi pelayanan publik Sulsel dan Implementasi LAPOR!-SP4N di tempat yang sama, Kamis (9/11).

pt-vale-indonesia

Kepala Kerjasama Pembangunan Kedutaan Republik Ferderal Jerman di Jakarta, Rafael Teck, mengungkapkan, negosisasi antara Pemerintah Indonesia dan Jerman pada Juli lalu telah menghasilkan beberapa kerjasama strategis di bidang energi, lingkungan hidup, ekonomi dan pemerintahan.

“Saya telah mendengar banyak, bahwa pemerintah (Indonesia) banyak mendukung pembangunan khususnya di Sulsel ini,” ungkapnya. 

Tentang pelayanan publik, Rafael menegaskan, layanan tersebut merupakan hal utama yang dilakukan oleh aparatur pemerintah. Serta perkembangan sosial masyarakat, dimana saat ini masyarakat lebih terbuka pada informasi, sehingga pelayanan publik juga harus ditingkatkan.

Dia berharap, pemerintah Sulsel untuk bekerja lebih baik, karena pemerintah Jerman siap mendukung hal tersebut.

“Hadirnya Gubernur Sulsel dan Menteri hari ini adalah tingginya perhatian pemerintah untuk pelayanan lebih baik,” sebutnya.

Dia mengharapakan kerjasama ini berjalan dengan baik seperti perjanjian di dua daerah lain sebelumnya, yaitu Jawa Timur dan Sumatera Selatan. (*) 


BACA JUGA