Proses Evakuasi Salah Seorang ABK MV Paraburdoo (Panama) oleh Tim Rescue kansar Makassar Dibantu Sops Lantamal IV Makassar

Alami Stroke, Kru Kapal Asing Dievakuasi Basarnas Makassar

Rabu, 11 Juli 2018 | 20:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Ahmad Fikri - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Salah seorang anak buah kapal (ABK) MV Paraburdoo (Panama) berhasil dievakuasi tim rescue Kansar Makassar dibantu sops Lantamal IV, Selasa petang (10/7/2018).

Mr. Anthony Alves Mendoza WN Filipina (49)  mengalami stroke dalam perjalanan menuju ke Australia.

pt-vale-indonesia

Hamsidar, Humas Basarnas mengatakan, kejadiannya bermula pada pukul 07.00 WITA, saat sops Lantamal IV menerima laporan tim Kansar Makassar bahwa ada kegiatan evakuasi seorang anak buah kapal MV Paraburdoo yang bergerak dari Taiwan menuju Australia.

“Tim rescue Kansar Makassar menggunakan KRI Madidihang-855 untuk mengevakuasi ABK kapal MV Paraburdoo,” ujarnya.

Sekira pukul 15.30 tim SAR bersama personel bintara kesehatan KRI MDH-855 berhasil mengevakuasi korban.

“Kegiatan evakuasi berjalan aman dan lancar,” kata Hamsidar.

Ia menambahkan bahwa pihaknya membawa warga negara asing (WNA) masuk ke wilayah Makassar dengan alasan kemanusiaan. “Telah dilaksanakan koordinasi dengan pihak imigrasi Makassar untuk memonitor kedatangan WNA tersebut yang masuk ke Makassar melalui Mako Lantamal VI karena alasan kemanusiaan (evakuasi medis),” tutupnya.

Setelah sandar di dermaga Lantamal IV makassar, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Siloam untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.(*)


BACA JUGA