Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng

Senin, 31 Juli 2023 | 18:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seorang pendaki yang mengalami hipotermia di Pos 7 Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Senin (31/07/2023) dini hari.

Kepala Basarnas Kota Makassar, Mexianus Bekabel menuturkan, Tim Sar Gabungan berhasil mengevakuasi pendaki Dapiol ke kaki gunung, Desa Lembanna, Tinggimoncong.

pt-vale-indonesia

“Pendaki mengalami hipotermia saat mendaki di Gunung Bawakaraeng. Pendaki tersebut sudah diserahkan ke pihak keluarga setelah berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan,” katanya.

Evakuasi itu dilakukan kata dia setelah menerima laporan ada 4 orang pendaki yang melakukan registrasi dan mengalami gejala hipotermia di Gunung Bawakaraeng.

“Kami langsung kirim personel Basarnas untuk melakukan evakuasi,” terangnya.

Tim Rescue Basarnas bersama Potensi SAR langsung menuju ke Pos 7 dan menemukan korban sekitar Pos 5 dan Pos 6. Dapiol kemudian dievakuasi ke bawah oleh Tim Sar Gabungan.

Sebelumnya, korban bersama temannya sedang berkemah di Pos 5 Gunung Bawakaraeng pada Minggu (30/07/2023).

Korban bersama temannya mendaki ke puncak Gunung Bawakaraeng dan kembali setelah magrib menuju ke Pos 5. Namun, karena kondisi sudah malam, di Pos 7 korban mengalami hipotermia dan kesulitan berjalan.

Dua rekan lainnya yang berada di Pos 5 melaporkan kondisi itu ke bagian registrasi Gunung Bawakaraeng yang diteruskan ke Basarnas.

Atas kejadian ini, Mexianus mengimbau agar pendaki tetap memperhatikan keselamatan dalam melakukan pendakian.(*)


BACA JUGA