Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Melakukan Sosialisasi dalam Pekan Sosialisasi Pemilu 2019, di Kecamatan Walenrang Utara, Jumat (9/11/2018)/Eki Dalle/Gosulsel.com

Pekan Sosialisasi, KPU Luwu Sasar Pemilih Millenial

Jumat, 09 November 2018 | 23:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu intens melakukan sosialisasi dalam Pekan Sosialisasi Pemilu 2019. Salah satunya digelar di ujung utara Kabupaten Luwu, tepatnya di Kecamatan Walenrang Utara, Jumat (9/11/2018).

Dalam pekan sosialisasi pemilu ini KPU Luwu fokus menyasar pemilih milinenial, seperti yang diungkapkan anggota KPU Luwu Adly Aqsa di lokasi kegiatan.

pt-vale-indonesia

“Sosialisasi yang kami gelar ini, menyasar pemilih pemula, kaum disabilitas dan pemilih perempuan serta komunitas milenial lainnya. Kami sampaikan kepada masyarakat betapa pentingnya satu suara bagi kelangsungan bangsa dan negara, sekaligus memberi pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya hak suara yang dimiliki masyarakat dalam proses demokrasi,” ungkap Komisioner Devisi Data dan Perencanaan KPU Kabupaten Luwu ini.

Kegiatan sosialisasi tersebut lanjutnya juga intens dilakukan sejumlah wilayah Luwu, dimana hampir seluruh perangkat kerja KPU di Luwu ikut berkontribusi dalam kegiatan sosialisasi pemilu.

“Selain menyasar pemilih permula, dan kaum disabilitas, kami juga memberi jalan terang bagi pemilih agar berpartisipasi aktif dalam hal mendaftarkan dirinya apabila belum terdaftar, dan apabila sudah terdaftar boleh dicek di www.lindungihakpilihmu.com juga bisa mendownload aplikasi KPU yang telah disiapkan dalam Play Store,” jelas Adly.

“Kita berharap bahwa partisipasi ini bukan hanya sampai disini saja, akan tetapi bagaimana caranya agar masyarakat menjadi pemilih cerdas dengan ikut menolak politik uang, serta memilih wakil rakyat serta presiden dan wakil presiden sesuai dengan pilihan hati masyarakat,” tambahnya.

Terkait dengan proses tahapan penyempurnaan DPTHP-1, Adly menambahkan saat ini KPU Luwu juga telah dalam proses pemuktahiran data pemilih yang sedang berlangsung di tingkat PPS dan PPK.

“Insya Allah sesuai jadwal kami akan menetapkan DPTHP-2, namun kami juga masih membuka ruang tanggapan dan masukan dari masyarakat yang belum saat ini belum terdaftar sebagai pemilih dan telah memiliki KTP elektronik segera didaftarkan di PPS/PPK dan KPU kabupaten Luwu,” jelasnya.

Diinformasikan bahwa pelaksanakan sinkronisasi pada tanggal 11 November 2018 yang akan dihadiri oleh Bawaslu, para peserta pemilu 2019 dan stakeholder terkait, dan pelaksanakan rapat pleno rekapitulasi ditingkat KPU Kabupaten Luwu pada tanggal 12 November 2018.(*)


BACA JUGA