Bupati Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat tampil di acara dialog bersama pengamat kebijakan publik, Ishaq Rahman, Rabu (27/2/2019)

Inovasi Baru, Bupati Gowa Bentuk Satpol Pendidikan, Begini Tugasnya

Rabu, 27 Februari 2019 | 21:44 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Ia juga menginfokan bahwa saat ini jumlah Satpol Pendidikan kurang lebih 500 orang. Mereka bertugas di 412 SD dan 107 SMP. Satpol Pendidikan juga dibekali sepeda motor, untuk membantu menjemput siswa atau guru. Dengan kata lain, setiap satu Satpol Pendidikan bertugas di setiap sekolah.

pt-vale-indonesia

Sementara itu, pengamat kebijakan publik lulusan Jepang, Ishaq Rahman, sangat mengapresiasi dengan adanya Satpol Pendidikan di Kabupaten Gowa. Menurutnya hal tersebut merupakan suatu inovasi yang memanfaatkan pelibatan masyarakat.

“Dalam sektor pendidikan apalagi pedidikan dasar dan menengah itu selalu ada tiga komponen yang harus selalu bersinergi yaitu, sekolah, masyarakat dan keluarga. Nah ini yang terjadi dari inovasi pendidikan yang ada di kabupaten Gowa karena masyarakat menjadi bagian dari wakil keluarga sekaligus wakil sekolah karena dia memastikan bahwa guru atau murid hadir untuk melaksanakan kewajibannya,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap bahwa apa yang saat ini dilakukan Pemkab Gowa dapat diadopsi oleh pemerintah untuk dijadikan program nasional yang diterapkan di seluruh Kabupaten/Kota lainnya.

“Saya berharap bahwa apa yang dilakukan oleh Bupati Gowa dapat diadopsi oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud karena letak geografis di beberapa wilayah di Indonesia hampir sama di Kabupaten Gowa,” tandas Ishaq.(*)

Halaman:

BACA JUGA