Bupati Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat tampil di acara dialog bersama pengamat kebijakan publik, Ishaq Rahman, Rabu (27/2/2019)

Inovasi Baru, Bupati Gowa Bentuk Satpol Pendidikan, Begini Tugasnya

Rabu, 27 Februari 2019 | 21:44 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan makin menunjukkan kepeduliannya pada sektor pendidikan, dengan membentuk Satpol Pendidikan.

Kepedulian Pemerintah Kabupaten Gowa pada sektor pendidikan tak perlu diragukan lagi. Sejak kepemimpinan bupati sebelumnya Ichsan Yasin Limpo (IYL) Pemerintah Kabupaten Gowa terus memberikan perhatian khusus pada sektor pendidikan.

pt-vale-indonesia

Salah satunya adalah perekrutan Satuan Polisi (Satpol) Pendidikan. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL mengungkapkan bahwa Satpol Pendidikan dibentuk untuk mengurangi biaya operasional para guru-guru. Fungsi utamanya dari satpol menjemput dan mengantar guru-guru yang jarak rumahnya ke sekolah kurang lebih 3 kilometer untuk memastikan guru- guru tersebut bisa datang melaksanakan tugasnya.

“Jadi tugas utama mereka yakni menjemput guru utamanya guru honorer yang terlambat masuk ke sekolah. Ini sering terjadi pada sekolah-sekolah yang berada di kawasan pinggiran atau pegunungan karena terkendala kurangnya alat atau biaya transportasi,” tutur Bupati Adnan, Rabu (27/2/2019).

Selain itu, tambahnya, juga untuk mengoptimalkan layanan pendidikan. “Bagaimana layanan pendidikan bisa optimal jika gurunya atau siswanya terlambat datang,” terang Adnan di salah satu stasiun tv swasta.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Gowa ini menyampaikan bahwa dalam bertugas Satpol Pendidikan mengenakan seragam layaknya Satpol PP. Mereka ini akan berada di sekolah sepanjang kegiatan belajar-mengajar berlangsung.

“Sepanjang kegiatan belajar mengajar berlangsung Satpol Pendidikan ini akan berada dilokasi Sekolah untuk mengantisipasi masuknya gangguan terhadap berlangsungnya proses belajar dari luar sekolah,” lanjut mantan anggota DPRD Provinsi Sulsel ini.

Halaman:

BACA JUGA