Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggandeng PT Gramedia Kompas melakukan Try Out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, di Auditorium Al-Jibra kampus II UMI, Sabtu (23/3/2019)

Gandeng Gramedia, UMI Makassar Gelar Simulasi SBMPTN ke Calon Maba 2019

Sabtu, 23 Maret 2019 | 15:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggandeng PT Gramedia Kompas melakukan simulasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Try Out itu berlangsung di Auditorium Al-Jibra kampus II UMI, Sabtu (23/3/2019). Diikuti ratusan pelajar dari SMA/SMK sederajat di Sulsel.

pt-vale-indonesia

Mewakili Reektor UMI Makassar, Wakil Rektor I Hanafi Assad pada kesempatan ini menyampaikan kegiatan simulasi SBMPTN sebagai promosi kampus UMI kepada siswa siswi yang sementara menghadapi ujian akhir di sekolah masing-masing.

“Ini langkah awal untuk sukses dalam seleksi masuk perguruan tinggi,” kata Hanafi saat sebelum membuka acara.

Menurutnya, kegiatan Try Out dilakukan agar pihaknya mengajukan bahwa UMI Makassar sudah siap menggelar proses penerimaan mahasiswa baru 2019.

“Sesuai dengan itu, sudah tidak diragukan lagi. Apalagi infrastruktur sudah siap melakukan tes berbasis komputer, demikian pula untuk proses penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019-2020 ini sudah sistemnya adalah online,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, dia menjelaskan, UMI sebagai kampus tertua memiliki banyak keunggulan. Selain itu, UMI juga kampus tertua dari Unhas Makassar, apalagi UIN Alauddin Makassar.

Dikatakan, UMI bukan hanya lembaga pendidikan saja. Tapi lembaga dakwah, di mana misi ini mengemban dua amanah.

“Pendidikan dan dakwah. Upaya UMI menjalankan dua amanah ini sudah diterpakan, apalagi UMI sudah dapat predikat akreditasi institusi A,” tuturnya.

Ditambahkan, di UMI terdapat 13 fakultas. Di dalamnya ada 57 program studi (prodi), jumlah mahasiswa mencapai 23 ribu lebih. Serta alumni 98 ribu lebih tersebar di seluruh nusantara.

“UMI sudah bekerja sama dengan instansi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri. UMI siap kompetensi di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan Gramedia, Petrus sebagai Store Manager Gramedia Mal Ratu Indah Makassar, mengatakan kegiatan ini sudah tahun ke tiga yang diselenggarakan oleh Gramedia dan pihak klub bekerjasama dengan UMI di Makassar.

“Kegiatan ini sebetulnya berjalan di 19 kota di seluruh Indonesia, salah satunya di Makassar. Untuk di Indonesia Timur kemudian di UMI. Ada juga di Sumatera, Padang, Palembang, Lampung, Lombok, Surabaya, Semarang, Tangerang juga Bandung,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan bersama adalah rangkaian untuk mendukung simulasi SBMPTN, karena kegiatan ini merupakan upaya untuk membiasakan diri siswa siswi SMA yang akan lulus.

Dikatakan karena SBMPTN yang tahun ini menggunakan basis komputer sehingga harus membiasakan itu untuk memberikan dukungan untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Ini dilakukan dari Maret sampai dengan April, kegiatannya. Kita pilih UMI ini karena fasilitasnya terutama fasilitas di lab komputernya yang memadai,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA