Kapolres Gowa turun langsung mengatur arus lalu lintas demi menghindari kemacetan/

Operasi Zebra Pallawa 2023 di Gowa, 700 Pelanggar Lalu Lintas Tertangkap ETLE Handheld

Selasa, 19 September 2023 | 15:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM—–Hasil Operasi Zebra Pallawa 2023, ada sekitar 700 masyarakat Kabupaten Gowa yang tercapture atau tertangkap melalui handheld melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

“Total yang tercapture 700 selama Ops Zebra Pallawa 2023. Namun yang bisa terbaca hanya 159 gambar,” kata Kasatlantas Polres Gowa, AKP Dayu saat dikonfirmasi, Selasa (19/9/2023).

pt-vale-indonesia

Dia mengatakan, pelanggaran lalu lintas yang tercapture itu diantaranya pengendara motor yang berboncengan lebih dari 2 orang.

Kemudian tidak menggunakan helm serta melanggar larangan parkir.

Untuk itu, AKP Dayu mengimbau agar masyarakat Kabupaten Gowa tetap mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Tetap patuhi aturan lalu lintas. Karena cctv maupun handheld yang dibawa oleh petugas Polda Sulsel telah tersambung ke back office sewaktu-waktu surat tilang langsung akan dikirim ke alamat rumah si pelanggar,” ujarnya.

Ditanya terkait penerapan tilang ETLE bagi pelanggar, AKP Dayu mengatakan bahwa pelaksanaan tilang ETLE 2023 hanya pendataan dan konfigurasi dari sistem aplikasi.

Hal ini dikarenakan pada bulan Agustus – Desember 2023 sosialisasi tilang ETLE untuk pengaplikasian tilang dimulai tahun 2024. Untuk mayoritas pelanggaran tilang ETLE yang tercapture melalui “handheld” atau HP.

“Untuk wilayah Gowa ini masih sosialisasi ETLE Handheld, sedangkan wilayah Makassar sudah langsung penindakan hukumnya,” tukasnya. (*)


BACA JUGA