#

Pengajian LDII Dorong Kesalehan Pribadi dan Sosial

Senin, 12 Juni 2017 | 04:46 Wita - Editor: adyn -

Di tempat yang sama, dai LDII Ustaz Arda Usman menyampaikan wajibnya membayar zakat. Zakat, kata Arda, disatu sisi sebagai pembersih harta dan pembersih diri dari sifat kikir. “Disisi lain, zakat sebagai bagian dari ibadah sosial karena dapat membantu orang-orang fakir dan miskin mencukupi kebutuhan sehari-harinya,” kata alumnus program magister UIN Alauddin Makassar ini.

Arda menjelaskan, para ulama mengatakan, jika banyak orang miskin, maka ada indikasi bahwa orang-orang kaya tidak berzakat. Menurut agama, terjadinya kemarau panjang atau kekeringan disebabkan umat Islam tidak mau berzakat. “Jika banyak terjadi kemiskinan dan kelaparan, maka besar kemungkinan orang-orang kaya tidak menunaikan zakat,” ungkap Arda dihadapan ribuan peserta pengajian.

pt-vale-indonesia

Pihaknya mencontohkan, Umar Bin Abdul Aziz di zaman dahulu menggalakkan potensi zakat. “Dengan zakat, Umar Bin Abdul Aziz mencukupi kebutuhan para ulama dan orang fakir. Orang yang berutang dilunasi dan burung-burung ia sediakan makanannya,” tutur Arda.(*)

Halaman:

BACA JUGA