PKK Maros Gelar Aksi Deteksi Dini Kanker Payudara

Rabu, 11 Oktober 2017 | 17:45 Wita - Editor: adyn - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, GoSulsel.com – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Maros bersama Pemkab Maros menggelar aksi deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks melalui pemeriksaan Inveksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dan ClinicalL Breast Examination (CBE) di klinik Kantor Bupati Maros, Rabu (11/10/2017).

Pemeriksaan ini dilakukan untuk melindungi wanita dari kanker payudara dan kanker serviks untuk mewujudkan Indonesia bebas kanker payudara dan kanker serviks. Pasalnya, kedua kanker ini menempati urutan tertinggi dalam daftar penyekit kanker yang diderita perempuan Indonesia.

Kurang lebih 100 pengurus dan anggota TP-PKK se Kabupaten Maros mengikuti pemeriksaan yang disaksikan langsung Ketua TP PKK Maros Ny Hj Suraida Hatta, Ketua Darma Wanita Maros Ny Hj Angriani Harmil, Kadis Kesehatan Maros dr Maryam Haba ini.

Ny Hj Suraida Hatta berharap dengan kegiatan ini, kanker payudara dan kanker serviks bisa lebih cepat dideteksi agar keberhasilan pengobatannya bisa cepat diatasi.

“Kita jadikan momentum untuk melakukan perlindungan khusus bagi kaum perempuan dari penyakit kanker. Kita berharap pelayanan pencegahan, deteksi dini dan pengobatan dengan melibatkan pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, swasta dan masyarakat agar bersama sama-sama dapat mencegah penyakit kanker ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dengan kegiatan ini diharapkan kesadaran masyarakat dalam deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks akan semakin meningkat. Deteksi dini tersebut sangatlah penting, karena 70 persen kasus kanker ditemukan di Indonesia pada stadium lanjut.


BACA JUGA