Aksi massa yang sedang bentrok terjadi di sekitar flyover Jl. Urip Sumoharjo menuntut penolakan rencana pengesahan RUU. (24/9/2019) FOTO: Erik Didu Go cakrawala

Menyingkap Fakta Sebab Bentrok Antar Mahasiswa Makassar

Selasa, 26 November 2019 | 18:27 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

Bentrokan Mahasiswa dan Aparat

Tidak hanya antar mahasiswa, namun bentrokan di Makassar juga kerap kali terjadi antar aparat keamanan dan mahasiswa. Itu biasa terjadi saat aksi demonstrasi atau unjuk rasa.

pt-vale-indonesia

GS (24 tahun), aktivis yang dikenal memiliki gerakan frontal di Makassar yang ditemui GOSULSEL.COM mencoba mengungkap beberapa motiv dibalik bentrokan antar aparat dan mahasiswa. Dia mengaku dalam melakukan aksi demonstrasi sering berujung bentrok. Hal ini dinilai karena ada beberapa Faktor penyebab.

“Misalnya, peserta aksi yang justru tidak ikut dalam konsolidasi, sehingga dalam action beberapa peserta aksi terlihat kebingungan karena tidak tahu apa hasil konsolidasi serta capaian aksi tersebut.
Kedua peserta aksi menunggu terlalu lama saat ingin melakukan audiens,” kata GS.

Hal lain dipengaruhi oleh penyusup atau provokator. Sejatinya demonstrasi direncanakan berjalan aman dan damai. Tapi pertengahan aksi kadang ada yang menyusupi gerakan mahasiswa dan mencoba memancing terjadikan bentrokan.

“Adanya penyusup yang masuk dan menjadi provokator. Hal ini sangat disayangkan karena memanfaatkan moment gerakan mahasiswa dalam menitipkan kepentingan pribadi atau kelompok. Kurangnya perhatian penanggung jawab aksi dalam hal memberikan drescode atau penanda lain sehingga memudahkan penyusup. Serta mudah mengakses informasi melaui grup Whatsapp dan sosmed lain,” tandasnya.(*)

Halaman: