Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan

Kisruh Perda LAD, Ini 23 Jawaban Bupati Gowa

Kamis, 29 September 2016 | 19:17 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

4. Apa sebelumnya sudah ada dialog antara Pemda Gowa dengan pihak keluarga kerajaan terkait Ranperda Lembaga Adat Daerah (LAD)?

J: Di Gowa ini banyak rumpun keluarga kerajaan yang terdiri dari berbagai kerajaan-kerajaan.  Kerajaan Gowa terdiri dari himpunan kerajaan-kerajaan yang dewasa ini keturunannya tersebar di semua kecamatan yang ada, sehingga ketika ada kelompok atau turunan keluarga yang merasa tidak dilibatkan, itu karena sudah ada representasi dari mereka yang telah dilibatkan.

pt-vale-indonesia

Selanjutnya ini pasti ada dialog karena  DPRD  telah mengundang semua komponen untuk membahas serta ada uji publik dalam pembahasan sesuai dengan mekanisme penyusunan Perda.

5. Apa makna Sombayya ?

J: Kita harus memaknai kosa kata tidak secara letterleg, dalam konteks ini Sombayya adalah Kepala Pemerintahan di era Kerajaan Gowa ketika beralih dari sisitem kerajaan menjadi sistem Pemerintahan Daerah maka Sombayya adalah Kepala Daerah Tingkat II Gowa (Bupati). Sehingga dalam hal ini Sombayya bukan berarti orang yang disembah, penamaan ini spesifik hanya di Kerajaan Gowa.

Halaman:

BACA JUGA