(FOTO: Jalan Perintis Kemerdekaan adalah jalan dengan bentangan terpanjang di Kota Makassar/Rabu, 26 Oktober 2016/Marwan Paris/Gosulsel.com)

Yuk Kenali 7 Jalan Raya Terpanjang di Kota Makassar

Rabu, 26 Oktober 2016 | 15:49 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

2. Jalan Urip Sumoharjo

Jalan ini terbentang dari arah timur ke barat Kota Makassar. Dari pertigaan lampu merah bekas tugu Adipura Tello hingga di daerah Maccini yang terhubung dengan jalan Gunung Bawakaraeng. Panjang bentangannya kurang lebih 5 Km.

pt-vale-indonesia

Nama jalan ini diambil dari seorang pahlawan nasional Oerip Soemohardjo. Seorang jenderal dan kepala staf umum Tentara Nasional Indonesia (TNI) pertama pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Sebagai bentuk penghargaan, namanya yang diabadikan sebagai nama jalan tidak hanya berada di kota Makassar namun juga di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Ada banyak bangunan penting yang terdapat di jalan ini. Seperti kantor Gubernur Sulawesi Selatan, kantor DPRD Sulsel, Kodam VII Wirabuana, SPN Batua, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Bosowa, rumah Sakit Ibnu Sina, serta Gedung Perpajakan. Dan tak kalah penting, jalan layang atau Flyover penghubung antara kawasan timur dan barat kota Makassar ada di Jalan Urip Sumoharjo.

(FOTO: Jalan Urip Sumoharjo membentang dari dari barat ke timur Kota Makassar/Rabu, 26 Oktober 2016/Marwan Paris/Gosulsel.com)

(FOTO: Jalan Urip Sumoharjo membentang dari dari barat ke timur Kota Makassar/Rabu, 26 Oktober 2016/Marwan Paris/Gosulsel.com)

Halaman:

BACA JUGA