Raker Pengembangan Pengawasan Partisipatif digelar di Baruga Bonerate, Benteng Kelurahan Selayar, Jum'at (16/11/2018)

Bawaslu Selayar Dorong Pengembangan Pengawasan Partisipatif

Sabtu, 17 November 2018 | 00:56 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM – Jelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilu 2019, Bawalsu Kepulauan Selayar terus mengoptimalkan pengembangan pengawasan partisipatif melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan termasuk rapat kerja yang telah dilaksanakan.

Raker Pengembangan Pengawasan Partisipatif digelar di Baruga Bonerate, Benteng Kelurahan Selayar dengan menghadirkan Hasmaniar anggota Bawaslu Sulsel dan Zulkifli Kasubag Pengawasan Pemprov Sulsel dan seluruh komisioner Bawaslu Selayar.

pt-vale-indonesia

Menurut Ketua Bawaslu Kepulauan Selayar, Suharno, tingkat partisipasi pemilih saat ini terlihat cenderung menurun. Sehingga kondisi ini perlu disikapi dengan baik dan bijak agar dapat menumbuhkan kesadaran hak politik masyarakat pada pemilu nanti.

“Ini memang sepatutnya disikapi secara serius dengan melakukan yang positif dengan harapan agar paritisipasi pemilih bisa diyakinkan seningga menumbuhkan kesadaran masyarakat menggunakan hak politiknya,” jelas Suharno, Jumat (16/11/2018).

Kesadaran politik masyarakat perlu didorong, lanjutnya, karena Inti dari pelaksanaan pemilu adalah kualitas proses pemilu itu sendiri. Sehingga  diperlukan partisipasi pengawasan agar sedapat mungkin hasil pemilu melahirkan para wakil rakyat dan pemimpin yang diharapkan rakyat.

“Jadi mari kita dorong dan mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama  mengawal proses pemilu itu sendiri,” katanya.(*)


BACA JUGA