(FOTO: air-terjun-batu-lappa-barru-@nurafniati-amir)
#

Kaleidoskop Traveliner, 12 Berita Travelling dan Kuliner Paling Hits 2016

Senin, 19 Desember 2016 | 20:31 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Kenikmatan dan manfaat buah pisang mencapai ribuan hits di bulan Oktober. Buah pisang begitu identik sebagai bahan utama berbagai kue tradisional Bugis-Makassar. Tekstur dagingnya yang lembut membuatnya bisa dikonsumsi oleh anak-anak hinga lansia.

Berikut kami wartakan beberapa manfaat pisang bagi kesehatan tubuh yang harus Anda tahu, seperti dilansir dari lifescript.com

pt-vale-indonesia
(Foto: Pedagang buah pisang di jalan Perintis kemerdekaan/Fotografer:Marwan Paris/GoSulsel.com

(Foto: Pedagang buah pisang di jalan Perintis kemerdekaan/Fotografer:Marwan Paris/GoSulsel.com

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan #1: “Makanan Super”

Satu pisang per hari bisa menjauhkan Anda dari berbagai ancaman penyakit.

Manfaat kesehatan pisang jauh lebih besar daripada buah apel. Itu karena pisang memiliki lebih banyak vitamin dan nutrisi daripada buah apel.

Pisang memiliki karbohidrat dua kali lebih banyak ketimbang buah apel, 5 kali lebih banyak mengandung Vitamin A dan zat besi, dan 3 kali lebih banyak mengandung fosfor dibanding apel.

Pisang juga kaya akan Kalium, serat, dan gula alami. Vitamin C, kalium dan mineral lainnya yang terdapat pada sebiji pisang membantu Anda menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan #2: “Energi Booster”

Pisang adalah sumber energi yang lebih baik daripada minuman energy-energi yang berharga jauh lebih mahal, menurut sebuah studi 2012 di Appalachian State University, yang diterbitkan dalam PLoS ONE.

Dua buah pisang bisa mencukupi kebutuhan kalori tubuh Anda selama satu jam berolahraga atau berjalan kaki.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan #3: Baik Untuk Kesehatan Jantung

Karena kaya akan kalium, pisang membantu kelancaran sistem sirkulasi tubuh dengan memberikan oksigen yang cukup ke otak.

Hal ini juga membantu tubuh mempertahankan detak jantung yang teratur, tekanan darah stabil, dan keseimbangan yang tepat dari cairan yang ada dalam tubuh, menurut National Institutes of Health.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan #4: Laksatif Alami

Makan pisang, dan katakan selamat tinggal pada sembelit.

Pisang matang memiliki jenis serat yang bisa membantu untuk memulihkan dan mempertahankan fungsi usus. Serat tersebut adalah sumber alami untuk melancarkan pergerakan limbah makanan melalui perut, menurut sebuah studi 2014 di Cina yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan #5: Membantu Mengembangkan Senyum Anda

Pisang memiliki sejumlah kandungan tryptophan, asam amino yang bila dikombinasikan dengan vitamin B6 alami pisang, akan membantu tubuh meningkatkan produksi serotonin di syaraf otak, (“feel-good hormone”).

Atau mungkin saja warna kuning cerah dan bentuk senyum dari pisang yang melakukan trik, menurut ahli gizi Joannie Dobbs,  Ph.D, CNS, di University of Hawaii.

Halaman:

BACA JUGA