(FOTO: air-terjun-batu-lappa-barru-@nurafniati-amir)
#

Kaleidoskop Traveliner, 12 Berita Travelling dan Kuliner Paling Hits 2016

Senin, 19 Desember 2016 | 20:31 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

September boleh dianggap sebagai waktu berlibur yang pas. Keelokan alam Kabupaten Barru mejadi jawara paling hits di bulan “ceria” ini.

(FOTO: air-terjun-batu-lappa-barru-@nurafniati-amir)

(FOTO: air-terjun-batu-lappa-barru-@nurafniati-amir)

11 Destinasi yang jadi alasan kuat Anda ke Barru:

pt-vale-indonesia

Celebes Canyon

Celebes canyon merupakan tempat wisata yang masih sangat alami di Kabupaten Barru. Disebut Celebes Canyon karena mirip dengan wisata Grand Canyon yang ada di Amerika.

Keindahan panorama alam Celebes Canyon baru-baru ini mendapat pengakuan secara nasional sebagai destinasi wisata baru terpopuler di Sulawesi Selatan versi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016.

Bukit Lappalaona

Bukit Lappalaona berada di Dusun Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Bukit ini sering pula disebut bukit teletubbies karena nuansa perbukitannya mirip dengan bukit yang ada dalam film anak teletubbies.

Hamparan rerumputan nan hijau begitu memanjakan pandangan bila Anda berada di puncaknya.

Air Terjun Wae Sae

Letaknya di dusun Wae Sae, Kecamatan Tanete Riaja, Barru. Seringkali, pelangi tercipta dari pancaran sinar matahari yang memantul dari balik air yang jatuh dari puncak tebing.

Pengunjung pun memanfaatkan cantiknya Air Terjun Wae Sae untuk bermain air maupun camping.

Air Terjun Batulappa 

Anda bisa mengunjungi tempat cantik ini di Desa Batulappa, Barru. Penamaan air terjun pun sesuai dengan tempat dimana air terjun ini berada. Dalam bahasa Bugis, batulappa berarti batu yang bersusun. Penamaan itu sesuai dengan topografi bebatuan yang berususun dan membentuk hulu Air Terjun Batulappa.

Pegunungan Karst

Bukan hanya Kabupaten Maros dan Pangkep saja yang berhak atas anugerah pegunungan karst di Sulawesi Selatan. Kabupaten Barru pun memiliki sebagian dari gugusan karst terluas kedua di dunia itu.

Layaknya gunung karst yang indah dengan bentuk-bentuknya, karst di Barru juga tak kalah menariknya dibanding karst di dua kabupaten lainnya.

Batu Maloppie

Destinasi menawan ini berada di Desa Maruala, Kecamatan Tanete riaja, Barru. Pemandangan bebatuan yang menjulang mengantar imajinasi Anda ke nuansa film-film kolosal China.

Spot wisata ini memiliki batu yang berbentuk kapal dengan tebing-tebing indah dan aliran air hangat di bawahnya.

Pulau Pannikiang

Pulau ini menawarkan berbagai sensasi wisata yang menggoda. Terletak di Dusun Pannikiang, Desa Madello, Kecamatan Balusu, pulau ini memiliki hutan mangrove yang terjaga dengan baik.

Di Pulau Pannikiang, Anda bisa melihat langsung habitat alami kelelawar dan tambak yang dikelola oleh warga setempat.

Pulau Dutungan

Pulau Dutungan merupakan pulau kecil dengan pasir putih yang bersih dan indah. Bebatuan karang di tepian pulau sangat cocok untuk berfoto ria.

Hutan Pinus Lajoangin

Menikmati sejuknya hutan pinus di Sulawesi Selatan, tidak melulu mesti ke kota Malino di Gowa, sebab hutan pinus yang tak kalah menariknya juga berada di Dusun Lajoangin, Kecamatan Tanete riaja, Barru.

Bukit Maddo

Pesona wisata Bukit Maddo terdapat di Kecamatan Tanete Rilau, Barru. Pemandangan paling menarik di bukti ini hadir dari kelokan sungai yang membentang dari balik rimbunnya hutan.

Tak salah kiranya bila bukit ini jadi spot incaran bagi penyuka foto-foto indah di alam terbuka.

Festival Toberru

Festival ini jadi agenda tahunan Kabupaten Barru. Di festival ini, masyarakat bisa menyaksikan kebudayaan orang-orang Barru.

Festival ini makin ramai oleh kehadiran karnaval budaya, Barru Expo, lomba lari wisata mallipa, duta wisata desa, festival layang-layang, lomba kearifan lokal, lomba majekka dan majujung busu, pakkacaping, lomba tari dan lagu daerah, lomba kupas sabuk kelapa, serta berbagai kegiatan lomba bernuansa tradisional lainnya.

Halaman:

BACA JUGA